Keuntungan yang Anda Dapat dari Jaringan VPN

Jaringan VPN atau Virtual Private Network merupakan salah satu solusi jika Anda ingin menggunakan koneksi internet secara aman.  Jaringan ini akan memberikan privasi ketika Anda sedang online. Pada awalnya, VPN hanya digunakan oleh perusahaan besar, organisasi, atau pemerintah untuk melindungi data mereka di internet. Namun saat ini VPN sudah digunakan oleh banyak orang. Saat ini juga sudah semakin banyaknya perusahaan yang mengijinkan karyawan bekerja secara remote sehingga jaringan VPN dibutuhkan untuk mengamankan data perusahaan mereka. Jaringan ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda ingin mendapatkan koneksi internet secara private. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan jaringan VPN.

1. Meningkatkan keamanan akses

Alasan keamanan memang menjadi salah satu alasan utama mengapa banyak orang menggunakannya. VPN akan sangat berguna terutama ketika Anda mengakses internet menggunakan wifi umum. Jika Anda menggunakan VPN, maka data Anda dienkripsi dan dikirimkan melalui ISP kemudian ke server VPN. VPN akan membuat jaringan pribadi sehingga peretas tidak bisa masuk ke dalam jaringan Anda.

2. Memberikan privasi

Karena VPN dapat menyembunyikan alamat IP, maka Anda akan terlihat sebagai anonim ketika sedang online. Dengan privasi yang diberikan, maka pihak lain tidak akan melacak lokasi geografis Anda. Selain itu, dengan VPN maka ISP tidak akan bisa memonitor lalu lintas online. 

3. Kecepatan download dapat meningkat

VPN juga memberikan keuntungan lain yang berupa kecepatan akses dalam proses download. Ketika menggunakan jaringan VPN, maka Anda sedang menggunakan jaringan pribadi. Dengan demikian, VPN juga bisa mempengaruhi kecepatan download karena jaringan yang Anda gunakan tidak diakses oleh banyak orang.

4. Dapat mengotentifikasi data

Masih berkaitan dengan alasan keamanan, VPN dapat membantu Anda untuk mengotentifikasi data yang masuk. Sumber data tersebut akan diperiksa apakah berasal dari sumber terpercaya atau tidak. Anda bisa merasa lebih aman karena VPN sudah memastikan bahwa data yang masuk berasal dari sumber yang terpercaya.

Baca Juga: 4 Strategi Meningkatkan Cyber Security dalam Perusahaan Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Technology Information

Apa Pengertian Breadcrumbs? Mengapa Penting untuk SEO ?

Baca
Technology Information

Metode E-Learning untuk Belajar Bahasa Jepang Dasar 

Baca
Technology Information

Mengetahui Apa Perbedaan Google Indexing dan Crawling

Baca
Software & Hardware

Pengertian dan Tipe-tipe Sistem Keamanan Jaringan

Baca