Konsep Bandwidth yang Perlu Diketahui

Konsep Bandwidth yang Perlu Diketahui

Kecepatan akses internet dapat diukur dengan bandwidth. Lebih jelasnya, bandwidth merupakan suatu nilai penggunaan transfer data yang dihitung dalam bit / detik atau biasa disebut bit per second (bps), antara server dengan client dalam waktu tertentu. Arti lainnya yaitu luas / lebar cakupan frekuensi yang dipakai sinyal dalam medium transmisi. Lalu seperti apa konsep bandwidth itu?

Bandwidth merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dengan kabel ethernal. Bandwidth sering diibaratkan sebagai lebar jalan raya. Sedangkan data yang masuk ke bandwidth diibaratkan sebagai kendaraan yang melintas jalan raya tersebut. Konsep bandwidth dapat diartikan sebagai semakin data yang masuk maka akan membuat kecepatan semakin lancar.

Baca Juga: Pengertian Bandwidth Serta Fungsi-fungsinya

Masih banyak yang mengenal bandwidth sebagai suatu komponen yang berperan penting dalam pengiriman data pada suatu jaringan, yang perlu diperhatikan bahwa besar suatu kapasitas bandwidth penting demi kelancaran proses pengiriman data, sebagai contoh jika Anda mengunggah atau mengunduh beberapa file yang berukuran besar dalam jumlah yang cukup banyak maka kapasitas dari bandwidth juga akan cepat habis. Bandwidth sendiri juga memiliki fungsi sebagai berikut:

1. Media Pengiriman Data

Jika bandwidth diibaratkan sebagai kabel fisik pada LAN yang biasanya digunakan sebagai penghubung koneksi LAN dengan perangkat komputer, maka Bandwidth berfungsi sebagai media yang menghubungkan jalannya proses transfer pada data.

2. Pembatas Kecepatan Transfer

Bandwidth berkerja sebagai pembatas dari kecepatan transfer data tersebut. umumnya hal ini dimanfaatkan oleh para administrator guna mengelola jaringan supaya terhindar dari tindakan pencurian data.

3. Pembatas kecepatan Pengiriman Data

Bandwidth juga berfungsi sebagai pembatas kecepatan pengirim data dalam satuan waktu tertentu yang biasanya digunakan oleh pihak administrator.

Baca Juga: Jenis-Jenis Bandwidth Yang Terdapat Pada Jaringan Internet

Cara Kerja Bandwidth

Bandwidth memiliki hubungan dengan mentransfer data. Hal tersebut menjadi alasan mengapa jaringan internet dan bandwidth memiliki hubungan yang sangat erat. Untuk cara kerja dari bandwidth sendiri berkaitan dengan fungsi yang telah dijelaskan di atas. Besar kapasitas bandwidth pada jaringan komunikasi sangat mempengaruhi kinerja jaringan tersebut, tetapi apabila pada saat prosesnya terjadi beberapa gangguan maka ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya, seperti packet loss, latency, bahkan factor bandwidth itu sendiri.

Berita Seputar Web Developer

Tips & Tricks

7 Rekomendasi Aplikasi Chat Selain Whatsapp yang Bisa Anda Gunakan

Baca
Technology Information

5 Rekomendasi Website Builder Gratis Terbaik di Tahun 2020

Baca
Tips & Tricks

Mengenal Model Marketing AIDA: Apa Itu AIDA ?

Baca