Macam-macam Web Server Localhost yang Dapat Anda Gunakan

Jika Anda ingin mengembangkan sebuah website, ada baiknya jika Anda mengetahui macam-macam web server localhost. Localhost sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menjadikan komputer sebagai server lokal.

Sedang web server merupakan sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi untuk menerima request HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal. Klien yang dimaksud di sini adalah web browser untuk menghubungkan pengguna ke internet seperti Google Chrome, Mozilla, dll.

Saat ini Anda dapat menemukan macam macam web server yang bisa digunakan, berikut beberapa rekomendasinya:

Macam-macam Web Server Localhost

1.  XAMPP

XAMPP merupakan salah satu web server populer dan banyak digunakan oleh para web developer. Web server ini gratis digunakan serta bersifat open source.

Perlu diketahui, nama XAMPP diambil dari singkatan beberapa fungsi yaitu dari X yang berarti cross platform, Apache, MySQL, PHP dan Perl. Sesuai dengan namanya, XAMPP ini dapat digunakan diberbagai sistem operasi baik itu Windows, Linux, atau pun Mac OS X.

Selain itu, XAMPP juga sangat berguna untuk pengembangan website berbasis PHP dan MySQL.

2. Wamp Server

Jika Anda menggunakan WampServer, Anda dapat memasang Apache, MySQL, dan PHP di local host. Sama seperti XAMPP, Wamp Server ini juga bisa digunakan secara gratis, namun hanya bisa digunakan untuk sistem operasi Windows saja.

Jadi, jika Anda adalah pengguna sistem operasi yang lain, Anda tidak bisa menggunakan web server ini. Salah satu kelebihan yang diunggulkan dari Wamp Server yaitu kemampuan yang memungkinkan penggunanya untuk develop, upgrade components, mengerjakan berbagai task development, dan menguji semuanya secara offline untuk mengurangi risiko adanya masalah pada live server.

3. AMPPS

AMPPS merupakan singaktan dari  Apache, MYSQL, PHP , PERL, Python, dan Softaculous. Web server ini dibuat oleh Softaculous dan dapat berjalan di Windows, Linux atau pun Mac OS X. Selain itu, karena memiliki fitur Softaculous auto installer, dengan menggunakan AMPPS, Anda dapat memasang berbagai aplikasi web seperti WordPress, Joomla, dan Drupal secara mudah.

Namun perlu diketahui, untuk menggunakan fitur auto installer ini, Anda harus memiliki koneksi internet. Untuk mengunduh AMPPS bisa dilakukan melalui situs resminya, Ampps.com

 Baca Juga: Peran dan Fungsi Web Server dalam Sebuah Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Tips & Tricks

Apa Fungsi Canonical dalam Proses Optimasi SEO?

Baca
Tips & Tricks

3 Alasan Mengapa Perusahaan Anda Membutuhkan Jasa Cyber Security 

Baca
Tips & Tricks

7 Rekomendasi Aplikasi Chat Selain Whatsapp yang Bisa Anda Gunakan

Baca
Technology Information

Apa Pengertian Breadcrumbs? Mengapa Penting untuk SEO ?

Baca