Macam-macam Web Server Populer Serta Pengertiannya

Macam-macam Web Server Populer Serta Pengertiannya

Dibalik cara kerja internet, ada beberapa komponen yang berperan sangat penting agar tetap dapat menghubungkan Anda ke dunia maya, yaitu web server. Tanpanya, internet tidak dapat bekerja dan Anda tidak dapat mencari informasi, berkomunikasi via internet seperti sekarang ini.

Web server merupakan perangkat lunak yang di dalamnya mengirimkan informasi layanan data yang digunakan untuk menerima permintaan yang asalanya dari HTTP serta HTTPS dari klien. Setelah menerima permintaan dari klien, web server akan otomatis mengirimkan Kembali request yang diminta klien dengan bentuk halaman web, yang nantinya berberntuk dokumen HTML.

Web server tidak hanya memili 1 macam saja. Web server memiliki beberapa macam-macam dengan berbagai trademark dengan fiturnya masing-masing. Lalu macam-macam web server apa saja yang saat ini tengah popular dan banyak digunakan pengguna? Berikut merupakan kumpulan web server popular yang banyak digunakan oleh pengguna.

Baca Juga: Macam-macam Web Server Localhost yang Dapat Anda Gunakan

Macam-macam Web Server

1. Apache

Apache merupakan web server terpopuler dan paling banyak digunakan. Dari semua web server yang ada, pengguna Apache mencapai hingga 41.5%. web server ini didesain khusus untuk system operasi UNIX. Apache memiliki macam dukungan seperti control akses, SSL, dan PHP. Apache termasuk kategori freeware dan dapat diunduh dengan mudah.

2. Apache Tomcat

Apache Tomcat merupakan perangkat lunak open source dan sebagai wadah web aplikasi berbasis java yang digunakan untuk menajalankan servlet dan JSP (Java Server Pages) pada sebuah aplikasi web. Apache Tomcat dikembangkan oleh Apache dan cukup popular sehingga dikembangkan oleh komunitas open souce java komunitas. Salah satu kelebihan Apache Tomcat yaitu dukungan komponen protocol jaringan DNS, IP dan software yang digunakan dalam pembuatan website.

3. Nginx

Nginx merupakan web server yang paling banyak digunakan setelah Apache. Web server ini banyak disukai karena memiliki layanan server yang cukup stabil serta hermat resource. Beberapa fitur Nginx memiliki performa yang lebih baik dalam menangani website bertrafik tinggi menjadi salah satu nilai plus untuk web server ini.

4. Litespeed

Litespeed merupakan pusat kontrol website yang memiliki performa terbaik. Web server ini memiliki banyak kelebihan yang salah satunya berupa kecepatan proses 50% lebih cepat dalam memproses PHP dan 6x lebih cepat dibanding Apache.

Baca Juga:  Fungsi dari Localhost Serta Bagaimana Cara Menggunakannya

5. Microsoft IIS

IIS atau Internet Information Services merupakan web server yang cukup popular. Fitur umum yang digunakan yaitu File Transfer Protocol (FTP), NNTP, dan Ghoper, pengelola web, dan lainnya. IIS dapat digunakan pada system operasi Windows NT, Windows server 2003, XP dan Windows 2000. Kinerja dari PHP menggunakan IIS cenderung lebih stabil dan cepat serta lebih baik dikarenakan web server ini lebih kompatibel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Technology Information

Apa Pengertian Breadcrumbs? Mengapa Penting untuk SEO ?

Baca
Technology Information

Metode E-Learning untuk Belajar Bahasa Jepang Dasar 

Baca
Technology Information

Mengetahui Apa Perbedaan Google Indexing dan Crawling

Baca
Software & Hardware

Pengertian dan Tipe-tipe Sistem Keamanan Jaringan

Baca