Mengenal Pentingnya Backlinks untuk SEO Ranking

Jika saat ini Anda ingin belajar cara meningkatkan SEO ranking, maka Anda akan sering mendengar istilah backlinks. Link building sampai saat ini masih menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi peringkat SEO rank web Anda. 

Apa itu backlink? ( tipe link )

1. Link Internal

Link internal merupakan link yang dapat membuat pengunjung web dapat melihat halaman lain di dalam web dengan mudah. Sebagai contoh, penggunaan link di dalam artikel yang mengarahkan pembaca untuk membuka daftar isi di halaman utama. Contoh lain yaitu penggunaan link yang mengarahkan pembaca artikel untuk membuka halaman kontak di dalam website sehingga pembaca dapat dengan mudah ketika ingin menghubungi pemilik website.

2. Link Eksternal

Link eksternal memiliki beberapa jenis yaitu, Outbound link, Backlinks, dan Link exchange. Tiga jenis link ini adalah link yang perlu Anda pelajari ketika ingin meningkatkan SEO ranking sebuah website.

Backlinks merupakan link yang dipasang oleh website lain menuju halaman website kita. Sebagai contoh, di dalam artikel web dengan domain yang berbeda , pemilik website tersebut menyertakan referensi dengan mencantumkan link menuju website kita, maka link tersebut dapat disebut sebagai backlinks. Istilah backlinks ini juga dikenal sebagai inbound link. Jenis link ini memegang peranan penting untuk website Anda karena dapat mempengaruhi peningkatan traffic. Oleh karena itu, diperlukan konten yang berkualitas tinggi sehingga dapat dipercaya oleh pengguna lain sebagai sumber referensi.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Website Rangking di Google

Mengapa Backlink penting ?

Sebuah website yang memiliki jumlah backlinks yang banyak akan mudah mendapatkan peningkatan evaluasi dari mesin pencari dan mempunyai kecenderungan untuk berada di posisis atas pada hasil pencarian. Namun perlu Anda perhatikan bahwa Google dan mesin pencari lain tidak memperlakukan semua backlinks dengan nilai yang sama. Backlinks yang berasal dari website yang memiliki evaluasi tinggi dari Google akan memberikan nilai yang tinggi. Namun jika backlink berasal dari web yang memiliki sedikit konten dan memiliki nilai evaluasi yang rendah maka Google juga akan memberikan nilai backlinks yang rendah sehingga tidak bisa membantu peningkatan peringkat web Anda.

Meskipun memperoleh backlinks dapat mempengaruhi peringkat, namun perlu Anda perhatikan untuk tidak mendapat banyak backlinks dalam waktu satu hari. Jika hal ini terjadi maka website Anda dapat berpotensi terkena penalti dari pihak Google. Google akan menilai bahwa backlink yang Anda dapat adalah jenis link yang tidak alami.

Baca Juga: 3 Trick SEO Optimization yang Bisa Anda Lakukan Sendiri

Layanan WDI

Jika Anda saat ini sedang mencari perusahan web developer yang menyediakan jasa optimasi SEO, Anda dapat mencarinya di halaman Perusahaan Web Developer kami. WDI menyediakan daftar perusahaan terpercaya di Indonesia dengan beragam layanan sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami juga memiliki info lowongan kerja developer yang bisa Anda lihat di halaman karir kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Tips & Tricks

3 Alasan Mengapa Perusahaan Anda Membutuhkan Jasa Cyber Security 

Baca
Tips & Tricks

7 Rekomendasi Aplikasi Chat Selain Whatsapp yang Bisa Anda Gunakan

Baca
Technology Information

Apa Pengertian Breadcrumbs? Mengapa Penting untuk SEO ?

Baca