Mobile Application VS Website Application. Apa saja perbedaannya ?

Mobile application dan website application merupakan dua hal yang berbeda. Karena keduanya sama-sama dapat diakses melalui smartphone, terkadang pengguna kesulitan untuk mengindetifikasi jenis aplikasi yang sedang mereka gunakan. Tidak hanya berbeda dari cara penggunaannya, mobile application dan website application juga dibangun dengan cara yang berbeda.

Saat ini Anda dapat menemukan berbagai jenis website, mulai dari website statis, website reponsif, atau website yang memiliki fitur-fitur interaktif. Web app sendiri merupakan website yang berfungsi seperti mobile app, namun semua fungsi hadir melalui browser smartphone Anda.

Perbedaan Mobile Application dan Website Application

1. Cara development 

Mobile app : aplikasi mobile dibangun menggunakan bahasa pemrograman yang spesifik tergantung dari jenis platform yang ingin dikembangkan. Pada umumnya iOS native dibangun menggunakan Objective-C atau Swift, dan Xcode IDE. Sedangkan untuk Android native biasanya ditulis dengan Java dan dibangun menggunakan Android Studio atau Eclipse IDE.

Web app: aplikasi website biasanya dibangun menggunakan Javascript, CSS, dan HTML5. Aplikasi ini memiliki fitur yang sederhana sehingga jauh lebih cepat dan mudah untuk dibangun.

Baca Juga: 3 Langkah yang Harus Anda Lakukan Sebelum Mengembangkan Mobile App

2. Aksesibilitas

Mobile app : untuk menggunakannya, aplikasi harus diunduh dan diinstal melalui app store atau playstore. Setelah diunduh, mobile aplikasi akan kompatibel dengan beberapa fitur bawaan perangkat, seperti kamera, GPS, dan lain-lain. Jika aplikasi ini diperbarui oleh pengembang, maka Anda harus melakukan update agar bisa merasakan fitur-fitur terbaru. Beberapa contoh mobile app seperti Google Maps, Facebook, Instagram, dan lain-lain. 

Web app : berbeda dengan mobile app, web app tidak perlu diunduh karena dapat diakses melalui browser. Aplikasi ini juga dapat bekerja dengan baik untuk berbagai jenis perangkat yang digunakan user.

3. Biaya yang dikeluarkan

Mobile app : karena mobile app dapat bekerja dengan cepat dan efisien, maka proses pembuatannya pun membutuhkan biaya yang cukup besar. Selain itu, proses pemeliharaan aplikasi ini juga membutuhkan biaya yang tidak murah.

Web app : karena fitur yang lebih sederhana, aplikasi ini dapat dibangun dengan biaya yang jauh lebih murah daripada mobile app. Namun untuk mempertahankan kualitas website di banyak platform, maka biaya  pemeliharan juga relatif tinggi.

Baca Juga: Tips Memilih Perusahaan Pengembang Aplikasi Mobile yang Tepat

Layanan WDI

Jika saat ini Anda sedang berencana untuk membangun mobile app atau pun website app, Anda dapat mencari Perusahaan Web Devloper dari Daffar Web Dev yang telah kami sediakan. Kami juga menyediakan info lowongan kerja untuk Mobile App Development yang tersedia di berbagai wilayah di Indonesia. Silakan klik halaman karir kami untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Tips & Tricks

7 Rekomendasi Aplikasi Chat Selain Whatsapp yang Bisa Anda Gunakan

Baca
Technology Information

Apa Pengertian Breadcrumbs? Mengapa Penting untuk SEO ?

Baca