Seberapa Penting Page Loading Speed Untuk Sebuah Website? 

Seberapa Penting Page Loading Speed Untuk Sebuah Website? 

Apakah page loading speed memiliki peran penting untuk halaman website ? Jawabannya adalah ya. Para pengunjung website membutuhkan kenyamanan ketika mengoperasikan website, dan page speed yang lambat merupakan salah satu hal yang selalu dihindari. Tidak hanya itu saja, page loading speed yang lambat juga akan membawa dampak buruk untuk web ranking di halaman mesin pencari.

Oleh karena itu, jika Anda mengelola web bisnis dengan page loading speed yang lambat, maka Anda harus segera memperbaikinya. Website Anda bisa kehilangan banyak web traffic sehingga berpengaruh buruk pada konversi yang dihasilkan.

Apa Itu Page Loading Speed?

Page loading speed dapat didefinisikan sebagai lamanya waktu yang diperlukan oleh sebuah website untuk menampilkan semua konten pada halaman tertentu. Page loading speed juga dapat diartikan sebagai lamanya waktu yang dibutuhkan browser untuk menerima byte pertama server web. Perlu Anda ketahui, page speed dan site speed merupakan dua hal yang berbeda. Site speed adalah rata-rata waktu loading dari beberapa halaman sampel di situs website. 

Page loading speed pada perangkat desktop dan seluler diukur secara terpisah. Hal ini dilakukan karena adanya perbedaan teknologi di kedua perangkat tersebut. Setiap elemen halaman seperti kode HTML, kode CSS, gambar, atau video dapat memberi pengaruh pada page speed website. 

Untuk melihat page loading speed website, Anda dapat menggunakan Google PageSpeed Insights. Di halaman tersebut, Anda dapat melihat berapa skor yang diberikan oleh Google untuk performa kecepatan website Anda. Jika Anda memperoleh skor 90 atau lebih maka website Anda dianggap memiliki performa yang baik. Sedangkan skor antara 50 – 90 mengindikasikan bahwa performa web perlu ditingkatkan, dan skor di bawah 50 akan dianggap website dengan performa yang buruk.

Mengapa Page Loading Speed Dianggap Penting?

Page loading speed dianggap penting karena beberapa alasan yaitu:

1. Memberikan user experience yang baik

Alasan yang pertama adalah karena halaman yang cepat untuk dimuat dapat memberikan user experience yang baik sehingga user dapat berlama-lama mengeksplor situs web Anda. 

Berdasarkan informasi yang disampaikan KISSmetrics, diketahui bahwa sekitar 40% user meninggalkan situs website yang membutuhkan waktu lebih dari 3 detik untuk terbuka. Lamanya waktu loading menjadi salah satu faktor yang membuat pengunjung meninggalkan website Anda. Sebagian besar user biasanya akan merasa tidak sabar atau bahkan frustasi dengan page speed yang lambat. Pada akhirnya mereka memilih untuk keluar dari web tersebut dan mengunjungi situs web yang lain.

Berbeda dengan page speed yang cepat, user dapat dengan mudah mengeksplor halaman website Anda. Mereka juga dapat dengan cepat menemukan informasi atau konten yang dicari di situs website dengan page speed yang baik.

2. Mempengaruhi konversi

Page speed yang cepat akan menghasilkan konversi yang lebih tinggi daripada web dengan speed yang lambat. Menurut informasi yang disampaikan oleh KISSmetrics, sebanyak 79% user yang tidak puas dengan performa web yang lambat sehingga memiliki kemungkinan yang kecil untuk kembali membeli produk dari situs web tersebut. Dengan demikian page speed juga akan berpengaruh pada keberhasilan penjualan Anda.

Penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa page speed yang cepat akan menghasilkan tingkat konversi yang lebih baik. Semakin cepat halaman web dapat dimuat, maka semakin besar kemungkinan users untuk melakukan tindakan yang ditargetkan pada halaman web tersebut. Walmart menginformasikan bahwa untuk setiap peningkatan 1 detik page speed berpengaruh pada peningkatan konversi sebesar 2%.

3. Page loading speed mempengaruhi ranking website

Sekitar tahun 2010, Google mengumumkan bahwa page speed menjadi salah satu faktor untuk menentukan peringkat website di search engine mereka. Website yang lambat tidak dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi para pengunjungnya. Oleh karena itu, Google memperhatikan page speed pada halaman website karena mereka ingin memberikan pengalaman yang jauh lebih baik bagi pengguna. 

Pada bulan juli 2018 Google juga mengumumkan bahwa pihaknya akan lebih memperhatikan page speed menjadi faktor utama untuk menentukan peringkat pada pencarian seluler. Google sebagai search engine terbesar saat ini juga akan memberikan penalty untuk website dengan speed yang lambat.

Perlu Anda ketahui, tahun 2020 Google menginformasikan pentingnya pengalaman pengguna dengan memperkenalkan Page Experience sebagai sinyal peringkat. Sinyal Page Experience ini bertujuan untuk mengevaluasi faktor-faktor yang berpengaruh pada kualitas pengalaman pengguna dan page speed menjadi salah satu faktor yang mempengaruhinya. 

Baca Juga: 6 Teknik SEO on Page untuk Meningkatkan Ranking Website

Page Loading Speed

Bagaimana Cara Meningkatkan Page Loading Speed?

1. Aktifkan kompresi

Kurangi ukuran file CSS, HTML, dan JavaScript yang lebih besar dari 150 byte. Anda dapat menggunakan Gzip untuk kompresi file.

2. Optimalkan file media

Pastikan gambar atau file media lain yang Anda pasang di halaman website memiliki ukuran yang tidak terlalu besar serta menggunakan format file yang tepat.

3. Mengecilkan CSS, JavaScript, dan HTML

Dengan mengoptimalkan kode Anda seperti dengan menghapus spasi, koma, dan karakter yang tidak perlu lainnya, Anda dapat meningkatkan kecepatan halaman web Anda.

4. Kurangi redirect

Kurangi redirect, karena setiap kali halaman dialihkan ke halaman lain maka user memerlukan waktu tambahan untuk menunggu siklus HTTP request selesai diproses.

Baca Juga: 4 Faktor yang Mempengaruhi Page Speed Halaman Web

Jadi jangan sepelekan faktor yang satu ini ketika Anda membuat atau mengelola sebuah website. Karena page loading speed memiliki fungsi yang sangat berguna, baik untuk user ataupun search engine sebagai salah satu faktor dalam proses perangkingan. Segera hubungi web developer Anda jika website yang Anda miliki dibuat melalui agensi atau perusahaan jasa pembuatan website.

Berita Seputar Web Developer

Tips & Tricks

3 Alasan Mengapa Perusahaan Anda Membutuhkan Jasa Cyber Security 

Baca
Tips & Tricks

7 Rekomendasi Aplikasi Chat Selain Whatsapp yang Bisa Anda Gunakan

Baca
Technology Information

Apa Pengertian Breadcrumbs? Mengapa Penting untuk SEO ?

Baca