Pengertian Bandwidth Pada Hosting

Pengertian Bandwidth Pada Hosting

Secara Bahasa, bandwidth diartikan sebagai lebar pita. Jika membahas pengertian bandwidth pada hosting, dapat diartikan dengan ukuran dari transfer data dari suatu website. Bandwidth merupakan besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dilalui dalam koneksi sebuah network. Mudahnya, bandwidth adalah kapasitas saluran informasi.

Jadi, apa pengertian bandwidth pada hosting sebenarnya?

Apabila bandwidth yang disediakan berukuran besar, maka website akan memuat lebih cepat karena server dapat mentransfer data yang lebih besar setiap detiknya. Hal ini tidak memicu data transfer menjadi besar, karena jumlah data transfer akan sesuai dengan jumlah pengunjung website serta ukuran file website Anda (termasuk gambar, audio, video, dan lainnya). Makin besar jumlah data yang ditransfer dari website Anda maka makin besar data transfernya

Baca Juga: Jenis-Jenis Bandwidth Yang Terdapat Pada Jaringan Internet

Bandwidth dan Koneksi Internet

Bandwidth umumnya menggunakan nilai dalam satuan bits/detik. Hal ini sangat penting untuk mengukur jumlah input output sebuah alat. Sebagai contoh sebuah modern yang biasa digunakan untuk menghubungkan dengan internet memiliki ukuran maksimum. Kemudian alat lain adalah sebuah modern kabel yang mampu mentransfer data lebih banyak tiap detiknya dan biasanya memiliki bandwidth sekitar 200 – 1000 kbps.

Hal-hal yang mempengaruhi pemakaian bandwidth:

  • Tampilan website

Ketika mengakses website Anda, bandwidth account Anda akan berkurang sebesar halaman yang di muat. Website dengan banyak gambar dan video pastinya akan lebih cepat menghabiskan bandwidth dibandingkan dengan website yang menampilkan teks dan gambar.

  • Upload dan Download

Meng-upload serta men-download suatu file akan mengurangi bandwidth akun Anda. Gunakan akun Anda dengan semaksimal mungkin. Jika tidak diperlukan, lebih baik untuk mengurangi aktivitas upload ataupun download.

  • POP3 dan SMTP

Pengguna Email Client seperti Outlook baik itu mengirim ataupun menerima email akan memakai bandiwdth. Attach file juga akan mengurangi lebih banyak bandwidth pada akun Anda.

Baca Juga: Konsep Bandwidth yang Perlu Diketahui

Kebutuhan Data Transfer untuk sebuah website

Data transfer di ukur dalam bytes. Kilo Bytes (KB), Mega Bytes (MB) atau Giga Bytes (GB). Jika suatu website menyajikan 100.00 halaman setiap bulannya dengan rata-rata besar ukuran halaman yaitu 20KB. Maka data transfer tiap bulannya 2 GB. Hampir 80% dari website yang ada di internet menggunakan data transfer kurang dari 5 GB per bulan.

30 GB dari bandwidth bulanan menunjukan sekitar 30.000 pengunjung unik per hari. Rata-rata sebuah website menggunakan bandwidth yaitu kurang dari 250MB per bulan dan dikunjungi oleh 50 pengunjung per hari. Jadi hanya website yang sangat populer yang mampu melebihi Batasan maksimum 30GB.

Berita Seputar Web Developer

Tips & Tricks

7 Rekomendasi Aplikasi Chat Selain Whatsapp yang Bisa Anda Gunakan

Baca
Technology Information

5 Rekomendasi Website Builder Gratis Terbaik di Tahun 2020

Baca
Tips & Tricks

Mengenal Model Marketing AIDA: Apa Itu AIDA ?

Baca