Pengertian Bandwidth Serta Fungsi-fungsinya

Pengertian Bandwidth Serta Fungsi-fungsinya

Penggunaan internet bukan lagi hal yang awam untuk masyarakat. Hampir setiap kalangan mengenal dan menggunakan internet sebagai kebutuhan komunikasinya sehari-hari. Terdapat istilah Bandiwdth yang sering dikaitkan dengan penggunaan internet, tetapi sudah sampai sejauh mana Anda mengerti mengenai pengertian Bandwidth?

Masih banyak yang belum mengetahui istilah Bandwidth. Tetapi, bagi Anda yang sudah berteman dengan dunia jaringan, istilah Bandwidth pasti sudah terdengar sangat familiar. Bandwidth sangat berkaitan dengan besar volume suatu informasi per satuan unit waktu yang digunakan sebagai media transmisi.

Pada jaringan komputer, Bandwidth sering sekali dikaitkan dengan data transfer rate. Jumlah data yang di transfer dari suatu lokasi ke lokasi lainnya pada waktu tertentu, biasanya di hitung dalam kurun waktu perdetik. Lalu apa pengertian Bandwidth selengkapnya?

Pengertian Bandwidth

Bandwidth merupakan kapasitas yang digunakan kabel ethernet agar dapat dilalui trafik paket data dengan maksimal tertentu. Pengertian bandwidth lainnya yaitu jumlah konsumsi transfer data yang dihitung dalam satuan waktu bit per second (bps).

Artinya, Bandwidth merupakan sebuah kapasitas dari maksimal jalur komunikasi proses pengiriman dan juga penerimaan data dalam hitungan per detik. Ada juga Bandwidth analog yang menunjukkan antara frekuensi rendah dan tinggi yang diukur menggunakan satuan Hertz untuk data atau informasi yang bisa ditransmisikan pada waktu tertentu.

Baca Juga: Fungsi dari Localhost Serta Bagaimana Cara Menggunakannya

Fungsi Bandwidth

Ada banyak fungsi Bandwidth yang perlu diketahui. Semua fungsi berhubungan dengan jaringan internet. Apa saja fungsinya?

1. Ukuran Media Untuk Mengirimkan Data

Fungsi pertama ini merupakan untuk ukuran media ataupun jalur pengiriman data yang dimiliki komputer atau jaringan yang ada di dalamnya. Fungsi ini berlaku untuk semua tempat yang mempunyai jaringn kumputer. Bandwidth berguna jika membahas soal distribusi jaringan karena ukurannya sering dipakai.

Ukuran dari Bandwidth dipakai sebagai patokan pengguna untuk memilih provider dan juga penyedia jasa layanan yang menghubungkan koneksi internet. Semakin besar jumlah Bandwidth yang tersedia maka akan semakin bagus layanan dan kelancaran koneksi internet tersebut.

2. Membagi Seberapa Besar Kecepatan Transfer Data

Fungsi Bandwidth ini yaitu membagi kecepatan transfer data yang ada disuatu jaringan. Dengan begitu, kecepatan yang ada dapat didistribusikan dengan adil ke seluruh penggunanya. Pembagian tersebut berguna untuk membatasi supaya tidak ada pengguna yang merasa diuntungkan atau dirugikan ketika berebut Bandwidth.

Baca Juga: Contoh Web Server yang Paling Banyak Digunakan

3. Mengatur Besaran Data yang Sudah Ditransfer

Adiministrator jaringan terkadang melakukan pembatasan data yang dapat diakses atau diunduh melalui pengguna internet. Hal tersebut dilakukan bukan tanpa sebab, karena tujuan utamanya untuk mengurangi trafik tinggi dalam waktu yang lama. Trafik tinggi yang lama akan membuat stabilitas jaringan terganggu karena mempengaruhi kapasitas Bandwidth itu sendiri.

Berita Seputar Web Developer