Pengertian dan Jenis–jenis Spoofing Serta Cara Mencegahnya

Pengertian dan Jenis–jenis Spoofing Serta Cara Mencegahnya

Perkembangan teknologi yang terjadi saat ini dapat dikatakan berjalan dengan sangat cepat. Anda sebagai pengguna internet harus selalu waspada terhadap jenis – jenis kejahatan yang ada di internet saat ini.

Dari semua kejahatan cyber yang ada, terdapat satu yang termasuk cukup menarik, yaitu Spoofing. Kejahatan cyber ini termasuk ke salah satu kejahatan yang dapat merugikan pengguna internet. Tindakan ini memiliki cara yang sedikit berbeda dari jenis kejahatan lainnya.

Spoofing merupakan salah satu kejahatan cyber yang dimana cara kerjanya dengan mengakses perangkat komputer, email, mobile serta akun lainnya secara illegal dan sang pelaku akan berpura-pura seakan dia adalah pemilik aslinya.

Tujuan dilakukannya kejahatan ini yaitu untuk mendapatkan informasi yang bersifat sensitif baik itu dari individu atau suatu organisasi. Setelah mendapatkan akses yang diinginkan, sang pelaku akan mulai melakukan tindakan – tindakan yang merugikan target incarannya.

Baca Juga: Mengenal Man in The Middle Attack dan Cara Menghindarinya.

Jenis – jenis Spoofing

Kejahatan ini memiliki beberapa jenis dengan target yang berbeda – beda dan harus selalu diwaspadai. Berikut adalah beberapa jenis yang banyak digunakan oleh para hacker.

1. Identity Spoofing

Kejahatan ini menggunakan cara menyusup serta meretas identitas asli sang korban secara illegal kemudian memanfaatkan data tersebut untuk melakukan tindakan kejahatan yang merugikan di berbagai pihak.

2. IP Spoofing

Tindakan ini memanfaatkan IP untuk menyembunyikan lokasi darimana asal mereka mengirimkan serta menerima data secara online. Tujuannya yaitu agar mereka tidak dapat dilacak saat melakukan tindakan tersebut.

3. Email Spoofing

Kejahatan ini yang paling sering sekali terjadi di internet. Pelaku akan mengirimkan sebuah email dengan alamat pengirim palsu yang bertujuan untuk mencuri suatu informasi penting yang dimiliki oleh sang korban. Biasanya mereka akan menyamar sebagai teman, rekan kerja, organisasi serta perusahaan, dari segi logo, font dan sebagainya.

4. Web Spoofing

Kejahatan ini merupakan serangan yang menargetkan sebuah website dimana sang pelaku akan melakukan perubahan akses dan membuat duplikasi suatu website. Jika ada seorang pengunjung yang datang ke website tersebut, mereka tidak akan merasa curiga walaupun sebenarnya website tersebut sudah menjadi korban kejahatan tersebut.

Baca Juga: Macam-macam Web Server Localhost yang Dapat Anda Gunakan

Cara Mencegah Tindakan Kejahatan Spoofing

Terdapat beberapa cara untuk meminimalisir terjadinya tindakan kejahatan ini, berikut cara mencegahnya.

1. Penggunaan SSL (Secure Socket Layer)

Pastikan untuk selalu mengecek apakah URL website benar atau tidak dengan melihat apakah sudah menggunakan layanan SSL atau tidak. Jika pada bagian URL terdapat logo gembok, berarti website tersebut sudah menggunakan layanan SSL yang sudah terjamin terproteksi aman dari hacker atau sejenisnya.

2. Pemasangan filter di Router

Dengan melakukan pemasang filter IP pada router dapat memungkinkan Anda untuk menyaring dari IP yang mencurigakan masuk. Dengan begitu, tindakan IP spoofing dapat dihindari.

3. Hati – hati saat Menerima Email

Saat menerima sebuah email, Anda harus melakukan pengecekan terhadap alamat pengirim, isi email serta tautan link untuk di cek secara teliti apakah email tersebut benar atau termasuk dari email percobaan tindakan kejahatan.

4. Menghindari klik link atau tautan

Dengan tidak melakukan pengeklikan terhadap link atau tautan yang tidak jelas, Anda dapat menghindar dari pelaku kejahatan yang sedang mencoba melakukan tindakan kejahatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer