Pengertian dan Kelebihan CSS dalam Pembuatan Website

Sejalan dengan teknologi yang semakin berkembang, website saat ini sudah memiliki tampilan yang sangat beragam. Salah satu bagian yang memiliki peranan penting dalam mempercantik tampilan halaman website adalah penggunaan CSS. 

CSS menjadi bagian mendasar untuk desain sebuah website. Sebelum CSS dikembangkan oleh W3C (World Wide Web Consortium) pada tahun 1996, halaman website mempunyai tampilan yang sangat terbatas. Dengan CSS, saat ini Anda dapat mengatur letak dan ukuran gambar, warna tulisan, warna border, dan lain-lain. Sekarang hampir semua website sudah menggunakan kode CSS.

Apa itu CSS ?

CSS atau Cascading Style Sheet merupakan kumpulan kode yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu elemen yang tertulis dalam bahasa markup. Perlu Anda ketahui, CSS memiliki keterikatan yang sangat erat dengan HTML. HTML merupakan bahasa markup yang bekerja seperti fondasi situs website, sedangkan CSS bekerja untuk memperbaiki sytle atau tampilannya. Sehingga kedua bahasa ini harus berjalan bersamaan.

CSS juga dapat mempermudah banyak pekerjaan web developer. Satu file CSS dapat ditautkan ke dalam beberapa halaman, sehingga memungkinkan developer untuk mengubah tampilan semua halaman secara bersamaan.

Baca Juga: Penggunaan White Space untuk Desain Web

Kelebihan dari CSS

1. Konsistensi

CSS dapat membuat perubahan halaman web dengan mudah. Dengan membuat satu perubahan pada styesheet CSS Anda, maka secara sekaligus Anda juga dapat melakukan perubahan yang sama untuk halaman website yang lain.

2. Memperbaiki tampilkan web

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Anda dapat menggunakan CSS  untuk mempercantik tampilan web. Dengan CSS, Anda dapat menggunakan beragam style yang ekspresif.

3. Menghemat waktu

Anda dapat mengganti atau mengatur style dengan menggunakan perintah-perintah efisien sehingga tidak harus menulis ulang perintah yang diinginkan. Dengan demikian waktu mengubah atau memprogram ulang style tampilan web dapat Anda lakukan dalam waktu yang singkat.

4. Maintenance yang mudah

CSS menawarkan kemampuan untuk mengubah dan memperbaiki setiap halaman di dalam situs website ketika terjadi perubahan pada style sheet. Sehingga Anda tidak perlu mengganti satu persatu elemen yang berubah untuk setiap halaman website.

Baca Juga:  5 Tahap Belajar Web Programming

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Tips & Tricks

3 Alasan Mengapa Perusahaan Anda Membutuhkan Jasa Cyber Security 

Baca
Tips & Tricks

7 Rekomendasi Aplikasi Chat Selain Whatsapp yang Bisa Anda Gunakan

Baca
Technology Information

Apa Pengertian Breadcrumbs? Mengapa Penting untuk SEO ?

Baca