Penggunaan White Space untuk Desain Web

White space atau ruang kosong menjadi salah satu elemen penting dalam desain web. Penggunaan white space dapat membantu memberikan karakteristik tersendiri daripada web yang hanya berisi konten informasi saja. 

Dibutuhkan pengalaman yang cukup agar teknik penggunaan white space mampu menciptakan desain web yang baik. Namun pada umumnya, teknik yang nantinya digunakan oleh para web designer tergantung pada sense atau selera web designer itu sendiri. Berikut kami informasikan hal-hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan white space ketika merancang desain web.

Pengertian White Space

White space adalah salah satu elemen penting yang digunakan ketika mendesain sebuah website. Mungkin untuk beberapa orang, white space hanyalah sebuah ruang kosong di dalam gambar. Namun bagi web designer yang handal, white space adalah sebuah komponen yang berguna dan penggunaanya selalu disertai dengan tujuan tertentu. Sebagai contoh, penggunaan white space atau ruang kosong untuk menggambarkan lubang donat. Dalam hal ini komponen white space dapat bekerja dengan baik karena mampu memberikan makna pada gambar donat tersebut.

Seorang web designer terkadang mendapatkan feedback untuk membuat desain web yang mencolok untuk konten-konten yang dianggap penting oleh client mereka. Mereka tentu saja bisa membuat desain web sesuai dengan permintaan client tersebut. Namun seorang web designer yang handal pasti tau bahwa jika semua konten dibuat mencolok maka hasilnya tidak ada satupun konten yang dapat terlihat mencolok. Sebagai contoh, Anda dapat melihat tampilan gambar berikut ini. 

Baca Juga: 3 Kesalahan Umum yang Perlu Dihindari Ketika Membuat Desain Web

White Space sebagai Sebuah Konsep

Dalam mengaplikasikannya, luas white space menjadi salah satu bagian yang perlu Anda perhatikan. White space yang luas dapat menghasilkan tampilan website dengan kesan yang lebih stylish, sedangkan white space yang sempit dapat menghasilkan tampilan web yang kaku.



Pola White Space Makro ( Luas )

Penggunaan white space makro mempunyai pengaruh yang besar dalam desain website. White space yang luas dan besar dapat membantu pengunjung untuk memahami struktur halaman web Anda. Namun dengan white space yang luas, informasi yang ada di dalam halaman menjadi sedikit. Dengan demikian, informasi penting yang dapat Anda sampaikan juga menjadi lebih terbatas.



Pola White Space Mikro ( Sempit )

White space mikro banyak digunakan untuk tampilan website dengan isi konten dan informasi yang mendetail. White space mikro mengacu pada ruang kosong yang ditemukan di antara baris teks, gambar, atau elemen lain yang serupa. White space yang ada dapat membantu pengunjung untuk dapat membaca konten atau tulisan pada halaman web Anda. Meskipun dengan white space mikro website dapat memuat konten dan informasi dalam jumlah yang banyak, namun tampilan website menjadi kaku. Hal ini terjadi karena desain website tidak dapat bekerja secara maksimal karena website sudah dipenuhi dengan konten yang banyak.

Baca Juga: 5 Elemen Penting dalam Web Design

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Software & Hardware

Pengertian dan Tipe-tipe Sistem Keamanan Jaringan

Baca
Software & Hardware

Mengetahui Apa Pengertian dan Fungsi Content Pruning

Baca
Software & Hardware

Apa Itu Application Layer ? Apa Saja Fungsinya ?

Baca