Penjelasan Backdoor Beserta Cara untuk Mengatasinya

Melihat besarnya kerugian yang ditimbulkan oleh tindakan cyber crime, maka dalam pengelolaan website Anda juga perlu memperhatikan keamanan website. Cyber crime saat ini sudah semakin berkembang, dan mempunyai berbagai cara untuk bisa masuk dan meretas sistem web Anda. Jenis ancaman cyber crime pun sudah semakin beragam, salah satunya adalah backdoor. 

Pada awalnya sistem ini digunakan oleh programmer untuk mendapatkan akses khusus untuk masuk ke dalam program yang mereka buat. Sistem ini dapat digunakan untuk mengakses program, aplikasi atau pun jaringan tanpa harus melewati proses autentifikasi. Backdoor digunakan terutama ketika terjadi masalah pada program yang mereka buat seperti crash atau bug. Pada saat masalah tersebut terjadi, maka backdoor dapat menjadi solusi.

Sejalan dengan perkembangan teknologi, kegunaanya mulai disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Peretas dapat mengambil alih akses secara paksa. Peretas secara diam-diam menyisipkan backdoor ke dalam sistem sehingga akses bisa didapatkan tanpa sepengetahuan pemilik sistem. Jika hal ini terjadi, maka data sistem dapat dirusak atau bahkan dihilangkan oleh si peretas. Untuk menghindarinya, terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

1. Mengaktifkan firewall

Menggunakan firewall di dalam sistem jaringan dan perangkat yang Anda gunakan dapat mengatur pengguna yang berwewenang dan dapat memonitor lalu lintas. Firewall ini akan membantu Anda untuk memblokir unauthorized users.

2. Menggunakan anti virus

Penggunaan anti virus dapat meminimalisir serangan ini. Selain itu, perlu untuk Anda perhatikan bahwa anti virus dan program-program yang Anda gunakan harus selalu Anda update sehingga Anda selalu menggunakan versi terbaru.

3. Menggunakan software open-source berkualitas

Jika Anda memilih untuk menggunakan software yang bersifat open-source, maka Anda harus memastikan bahwa software yang Anda gunakan memiliki kualitas yang baik serta aman untuk digunakan. Hal ini untuk menghindari backdoor yang tersembunyi yang dapat mencuri data informasi yang Anda miliki ketika software Anda gunakan. 

Baca Juga: 5 Langkah Mencegah dan Menghindari Cyber Crime

Beberapa Cara Mengatasi Backdoor di Web Hosting

Pada umumnya untuk mengatasi ancaman yang terdapat di sistem web hosting, Anda dapat mencoba melakukan beberapa cara , yaitu :

1. Menghapus tema yang tidak digunakan dan hanya menggunakan tema original serta terpercaya.

2. Melakukan pengecekan pada file .htaccess, dan pastikan tidak terdapat script redirect.

3. Memeriksa kembali file wp-config.php sehingga sama dengan file wp-config-sample.php pada konffigurasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Tips & Tricks

3 Alasan Mengapa Perusahaan Anda Membutuhkan Jasa Cyber Security 

Baca
Tips & Tricks

7 Rekomendasi Aplikasi Chat Selain Whatsapp yang Bisa Anda Gunakan

Baca
Technology Information

Apa Pengertian Breadcrumbs? Mengapa Penting untuk SEO ?

Baca