Penyebab dan Cara Mengatasi Error 404 Not Found

Penyebab dan Cara Mengatasi Error 404 Not Found

Error 404 merupakan sebuah kode yang keluar ketika Anda ingin membuka sebuah halaman website namun halaman tersebut tidak dapat ditemukan. Tampilan pesan error yang muncul dapat terlihat berbeda-beda tergantung dengan browser yang sedang Anda gunakan, seperti 404 error, 404 Not Found, HTTP 404, dan lain-lain. Pesan ini dapat terbaca dari beragam jenis browser ketika halaman web yang ingin Anda tampilkan tidak dapat diakses.

Bagaimanapun tampilan pesan error yang muncul di web browser Anda, error 404 merupakan sebuah kode yang mengindikasikan bahwa halaman yang ingin Anda akses sedang mengalami kendala. Namun pada umumnya kode 4XX menandakan bahwa error terjadi pada client-side. Berikut beberapa kemungkinan penyebab kode ini muncul, yaitu :

1. Pengguna salah mengetik atau memasukkan alamat URL website.

2. Alamat web atau URL sudah diubah oleh pemilik web.

3. Halaman yang ingin diakses sudah tidak tersedia lagi.

Baca Juga: Cara Mengatasi HTTP Error 500

Setelah mengetahui penyebab umum kode error 404 muncul, maka terdapat beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengatasinya.

1. Cek alamat website

Periksa terlebih dahulu alamat URL yang ingin Anda buka. Pastikan bahwa tidak terdapat kesalahan tipografi pada saat penulisan URL website.

2. Refresh halaman website

Anda dapat mencoba membuka kembali halaman yang ingin Anda buka dengan merefresh atau menekan  tombol F5. Kode error 404 kadang muncul meskipun halaman tidak mempunyai masalah, sehingga tahap awal yang dapat Anda lakukan adalah merefresh atau memuat ulang halaman tersebut.

3. Mencari halaman yang ingin diakses melalui search engine atau mesin pencari

Terkadang alamat web yang ingin Anda buka sudah diubah oleh pemilik website. Oleh karena itu, Anda dapat mencari halaman web yang ingin Anda akses melalui mesin pencari seperti Google. Anda dapat mengetik alamat utama web beserta keyword yang relevan dengan halaman web yang ingin Anda kunjungi.

4. Menghapus cache browser

Jika Anda melihat pesan error 404 ini hanya muncul di perangkat yang Anda gunakan, maka Anda dapat mencoba untuk menghapus cache browser yang Anda gunakan.

5. Cek ulang daftar postingan

Jika Anda merupakan pemilik web dan mengalami permasalahan error 404, maka Anda dapat memeriksa kembali daftar postingan atau konten yang Anda buat. Jika masalah terjadi karena hilangnya konten, Anda dapat membuat konten baru yang serupa. Anda juga dapat menggunakan fitur redirect pada cpanel untuk mengalihkan ke halaman lain jika konten yang hilang tidak ingin ditampilkan kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Tips & Tricks

3 Alasan Mengapa Perusahaan Anda Membutuhkan Jasa Cyber Security 

Baca
Tips & Tricks

7 Rekomendasi Aplikasi Chat Selain Whatsapp yang Bisa Anda Gunakan

Baca
Technology Information

Apa Pengertian Breadcrumbs? Mengapa Penting untuk SEO ?

Baca