Perbandingan Antara Contoh Deskripsi Produk yang Baik Dengan yang Buruk

Perbandingan Antara Contoh Deskripsi Produk yang Baik Dengan yang Buruk

Deskripsi produk merupakan salah satu hal yang penting dan wajib dimiliki, terutama bagi Anda yang menjual produk atau barang secara online, baik melalui sebuah website sendiri ataupun melalui online marketplace.

Masih terbilang jarang untuk pemilik toko online, terutama yang masih kecil, yang menulis deskripsi produk yang mereka jual dengan optimal. Biasanya penyebabnya karena 2 hal, yaitu antara malas untuk menulis deskripsi yang optimal atau tidak tahu bagaimana cara untuk menulisnya dengan baik dan benar.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan suatu contoh deskripsi produk yang baik dan benar serta agar dapat melihat perbandingannya, kami juga akan memberikan contoh yang buruknya.

Baca Juga: 5 Jenis Digital Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Secara Online

Contoh Deskripsi Produk yang Baik.

  • Sertakan Informasi Perawatan Produk

“Rendam jaket Q Waterproof dengan air hangat selama 15 menit sebelum mencucinya dengan detergent. Apabila terdapat noda yang belum hilang, sikat jaket dengan lembut untuk menghindari kerusakan pada pori – pori jaket.”

Perawatan suatu produk perlu diinformasikan kepada para pembeli agar sang pembeli tahu bagaimana cara untuk merawat suatu produk yang dibeli tersebut dengan benar dan menekan terjadinya komplain atas kerusakan produk karena perawatan yang salah.

  • Cantumkan Variasinya dengan Jelas jika ada

“Jaket Q Waterproof memiliki ketersediaan dalam ukuran L dan XL dengan warna hitam, navy, dan hijau. Warna yang terlihat pada foto sesuai dengan warna aslinya. Jika terdapat perbedaan warna hal tersebut disebabkan oleh pengaturan monitor dan efek cahaya pada layar monitor Anda.”

Informasi untuk mencantumkan variasi bertujuan agar pembeli dapat langsung memutuskan produk yang ingin dia beli tanpa perlu banyak bertanya kepada penjual.

  • Cantumkan Informasi Mengenai Fitur Produknya

“Produk ini memiliki fitur yang tidak mudah sobek. Dengan 4 kantong yang cukup besar ukurannya, Anda dapat menyimpan barang seperti dompet, handphone serta barang lainnya.”

Dengan menyertakan deskripsi fitur suatu produk, hal ini akan menunjukkan suatu keuntungan yang akan diperoleh sang pembeli jika membeli produk yang Anda jual.

  • Berikan Jaminan Produk

Jaminan 100% uang kembali jika produk yang diterima tidak sesuai deskripsi kami”

Dengan memberikan suatu jaminan pada produk, pembeli akan semakin yakin dan percaya bahwa dia tidak akan merasa dirugikan jika membeli produk Anda.

  • Berikan Potongan Harga untuk Pembelian Tertentu

“Setiap pembelian Jaket Q Waterproof sebanyak 2 pcs, Anda akan mendapatkan potongan harga sebesar 20%. Dapatkan tambahan gratis untuk biaya kirim dengan pembelian minimal 5 pcs”

Memberikan suatu potongan harga pada produk yang dijual bertujuan untuk mendorong pembeli agar melakukan pemesanan dalam jumlah yang banyak. Tambahkan kata kunci, misalnya “Jaket waterproof” dalam setiap deskripsi yang Anda buat. Tujuannya yaitu agar produk yang Anda jual ada di urutan pertama ketika pembeli melakukan pencarian dengan kata kunci tersebut.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Proposal Bisnis yang Menarik Bagi Klien ?

Contoh Deskripsi yang Buruk

Deskripsi yang buruk biasanya penulisannya hanya menjabarkan suatu spesifikasi produk yang singkat, tidak terlalu jelas bagi banyak orang, dan kemungkinan besar hanya melakukan copy paste dari brosur atau website produsennya. Tidak terdapat kalimat yang menjelaskan suatu manfaat, keunggulan atau alasan mengapa kita harus membeli produk tersebut. Contohnya sebagai berikut.

“ Jaket Q Waterproof

  • Bahan : kain Gore Tex.
  • Ukuran : M L XL
  • Warna : Cream, Brown, Navy, Hitam, Maroon.

Cantumkan ukuran serta warna jaket yang diinginkan di catatan, jika tidak disertakan warna dan ukuran akan kami kirim secara random.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Tips & Tricks

3 Alasan Mengapa Perusahaan Anda Membutuhkan Jasa Cyber Security 

Baca
Tips & Tricks

7 Rekomendasi Aplikasi Chat Selain Whatsapp yang Bisa Anda Gunakan

Baca
Technology Information

Apa Pengertian Breadcrumbs? Mengapa Penting untuk SEO ?

Baca