4 Langkah dan Tips untuk Menjadi Programer Dasar

4 Langkah dan Tips untuk Menjadi Programer Dasar

Seiring dengan perkembangan dunia digital, programming menjadi salah satu keterampilan yang banyak dicari oleh perusahaan. Tidak heran jika banyak orang mulai melirik profesi ini dan memutuskan untuk belajar menjadi programer dasar.

Skill programming merupakan keterampilan untuk menganalisis dan membuat konsep sistem dengan satu atau lebih bahasa pemrograman. Seorang programer juga harus bisa bertanggung jawab secara keseluruhan terhadap produk atau software yang sedang dikembangkan. Oleh karena itu, jika Anda memutuskan untuk berprofesi sebagai programmer, terdapat beberapa hal yang bisa mulai Anda pelajari. Berikut tips yang bisa Anda lakukan.

1. Belajar dan kenali bahasa pemrograman

Langkah pertama untuk menjadi programer dasar adalah dengan mempelajari bahasa pemrograman. Seperti yang sudah Anda ketahui, saat ini terdapat beragam bahasa pemrograman. Oleh karena itu, mulailah dengan mempelajari bahasa pemrograman sesuai minat atau bidang yang ingin Anda kuasai. Apakah itu front-end, back-end, mobile app development, game development, atau data science. Anda juga bisa mulai mempelajari dasar-dasar syntax, variables, loops, arrays, dan lain-lain. Cobalah untuk memecahkan implementasi sederhana sehingga terbiasa dengan konsep-konsep dasar.

Baca Juga: 4 Bahasa Pemrograman Pilihan untuk Belajar Programming

2. Pelajari struktur data dan algoritma

Setelah Anda menemukan bahasa pemrograman yang ingin dikuasai, langkah selanjutnya adalah mempelajari struktur data dan algoritma. Kemampuan ini akan membantu Anda ketika memilih langkah yang tepat untuk menyelesaikan suatu masalah. Selain itu, mempelajari algoritma juga akan memudahkan Anda untuk memahami cara kerja dari banyak fungsi library.

programer dasar

Baca Juga: Tugas Web Developer yang Perlu Anda Ketahui

3. Belajar problem solving

Langkah selanjutnya yang bisa dipelajari sebagai programer dasar adalah skill problem solving. Terdapat beragam situs website yang dapat Anda kunjungi untuk mengasah keterampilan ini, seperti  SPOJ, Codechef, Codeforce, Topcoder, Hackerrank, Geeksforgeeks, dan masih banyak lagi. Semakin banyak masalah yang dapat diselesaikan, maka Anda bisa menjadi lebih percaya diri dengan keterampilan yang sudah dikuasai.

4. Mencoba membuat proyek

Sekarang saatnya untuk praktek mengembangkan website atau aplikasi Anda sendiri. Anda dapat memanfaatkan framework populer untuk memudahkan tugas Anda. Anda juga bisa mulai membuat proyek dengan menjalankan program-program sederhana sesuai dengan minat dan kemampuan yang sudah Anda kuasai.

Berita Seputar Web Developer

Tips & Tricks

Apa Fungsi Canonical dalam Proses Optimasi SEO?

Baca
Tips & Tricks

3 Alasan Mengapa Perusahaan Anda Membutuhkan Jasa Cyber Security 

Baca
Tips & Tricks

7 Rekomendasi Aplikasi Chat Selain Whatsapp yang Bisa Anda Gunakan

Baca
Technology Information

Apa Pengertian Breadcrumbs? Mengapa Penting untuk SEO ?

Baca