5 Tips Agar Remote Working Tetap Nyaman dan Produktif

5 Tips Agar Remote Working Tetap Nyaman dan Produktif

Remote working sedang menjadi tren kerja saat ini. Terlebih selama masa pandemi Covid-19 , banyak perusahaan yang mengeluarkan kebijakan WFH (Work From Home) bagi para karyawannya.

Remote working adalah suatu sistem yang mengizinkan para pekerja untuk dapat bekerja di luar lingkungan kantor. Karyawan dapat bekerja dari rumah, cafe, co-working space, atau tempat mana pun yang mereka inginkan.

Pada tahun 2019, buffer.com pernah melakukan penelitian dengan 2500 responden. Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa sekitar 99% ingin bekerja dengan sistem remote working. Matthew Hollingsworth selaku direktur operasi di We Work Remotely juga mengatakan bahwa sistem kerja ini akan menjadi normal bagi para pegawai.

Terlepas dari kerja remote yang sedang menjadi tren, sistem ini ternyata memberi banyak keuntungan bagi para karyawan dan perusahaan. Berikut beberapa diantaranya.

Keuntungan remote working bagi karyawan:

  1. Dapat bekerja dengan fleksibel.
  2. Karyawan dapat bekerja dari rumah sehingga mereka memilih lebih banyak waktu bersama keluarga.
  3. Dapat menghemat banyak biaya, waktu, dan tenaga karena karyawan tidak perlu datang ke kantor untuk bisa bekerja.

Keuntungan remote working bagi perusahaan:

  1. Memiliki karyawan yang dapat bekerja dengan lebih produktif karena mereka terhindar dari stress ketika perjalanan menuju kantor.
  2. Menghemat pengeluaran untuk biaya operasional kantor.
  3. Dapat merekrut karyawan berkualitas tanpa perlu menghiraukan domisili karyawan.

Meskipun memiliki banyak keuntungan namun bekerja dengan sistem remote juga memiliki tantangan tersendiri. Berikut kami sediakan beberapa tips agar Anda tetap produktif dan bisa bekerja dengan nyaman.

Baca Juga: Aplikasi Work From Home yang Dapat Membantu Pekerjaan

5 Tips Remote Working agar Nyaman dan Produktif

remote working

1. Pilih tempat kerja yang nyaman

Sistem remote working membebaskan Anda untuk dapat bekerja dimana saja Anda mau. Dengan demikian, Anda dapat memilih tempat kerja yang rapi, nyaman, dan kondusif agar Anda bisa tetap fokus bekerja.

Jika Anda memilih untuk bekerja di rumah, Anda dapat menentukan satu ruangan sebagai ruang bekerja. Pastikan ruangan tersebut tidak bising serta memiliki pencahayaan yang cukup. Lengkapi juga ruang kerja tersebut dengan kursi dan meja kerja agar Anda dapat merasa nyaman. Selain itu, Anda juga harus memastikan di manapun tempat yang Anda pilih untuk bekerja, tempat tersebut harus memiliki koneksi internet yang stabil agar pekerjaan Anda tidak terganggu.

2. Persiapkan tools atau aplikasi kerja yang dibutuhkan

Saat ini sudah banyak tools ataupun aplikasi yang dapat mendukung sistem kerja remote Anda. Beberapa yang bisa Anda persiapkan seperti:

  • Aplikasi chatting untuk memudahkan Anda ketika harus berkomunikasi dengan karyawan yang lain. Beberapa aplikasi chatting yang populer digunakan adalah Slack, Telegram, WhatsApp, HipChat, atau yang lain.
  • Aplikasi meeting atau aplikasi video teleconference. Meskipun Anda dan tim berada di lokasi yang berbeda, Anda tetap dapat menjalankan meeting via online. Aplikasi yang dapat digunakan adalah Google Hangouts, Sype, Zoom, dan lain-lain.
  • Aplikasi untuk project management untuk membantu mengelola projek yang sedang dikerjakan seperti Trello, JIRA, atau yang lain.
  • Cloud storage seperti DropBox atau Google Drive dapat Anda gunakan agar seluruh karyawan dapat mengakses dokumen yang mereka butuhkan.
  • Aplikasi time management untuk mempermudah karyawan dan perusahaan dalam memonitor jam kerja karyawannya. Aplikasi time management juga dapat membantu untuk mengetahui tugas apa saja yang memakan banyak waktu sehingga Anda dapat melakukan improvement. Salah satu aplikasi yang dapat Anda andalkan adalah Dokodemo-Kerja.

3. Tetap menjaga komunikasi dengan karyawan lain

Komunikasi yang baik dan berjalan dengan lancar juga dapat mempengaruhi kenyamanan saat Anda bekerja remote. Hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi miskomunikasi antar karyawan. Anda juga dapat melakukan meeting via online secara rutin untuk membahas perkembangan project yang sedang dikerjakan.

Selain itu, ketika bekerja dengan sistem remote, karyawan biasanya akan kesulitan untuk mengetahui aktivitas karyawan lain. Oleh karena itu, ada baiknya jika masing-masing karyawan memberi informasi ketika ada hal urgent yang harus mereka kerjakan. Dengan tetap menjaga komunikasi, Anda dapat mengetahui availability masing-masing karyawan sehingga Anda tidak akan kebingungan ketika pesan atau pertanyaan yang Anda ajukan belum mendapat respon.

4. Persiapkan to-do list atau jadwal

Ketika bekerja dirumah, mungkin akan ada beberapa distraksi yang mengganggu seperti acara TV yang menarik, cucian yang menumpuk, atau yang lain. Agar Anda tetap fokus dengan tugas-tugas dari kantor, Anda dapat membuat to-do list dan mengikutinya dengan disipilin. Anda juga harus menentukan jam kerja yang konsisten seperti mulai dari jam 9 pagi sampai jam 6 sore agar sistem kerja Anda tetap terstruktur.

5. Luangkan waktu untuk beristirahat

Memiliki waktu istirahat yang cukup juga akan membantu meningkatkan produktivitas. Manfaatkan waktu istirahat Anda dengan sebaik-baiknya untuk merefresh pikiran dari tugas-tugas yang diberikan.

Waktu kerja Anda juga dapat diselingi dengan jeda istirahat. Salah satu cara yang banyak digunakan pegawai agar tetap fokus ketika bekerja adalah dengan mengikuti teknik Podomoro. Teknik ini menggunakan timer untuk memecah pekerjaan menjadi beberapa interval yang biasanya berdurasi 25 menit dan diselingi jeda istirahat yang pendek.

Baca Juga: Tips Memilih Web Developer Terbaik Untuk Seluruh Proyek Anda

Berita Seputar Web Developer

Uncategorized

9 Penyebab Terkena Google Penalty pada Website

Baca
Software & Hardware

Mengetahui Apa Pengertian dan Fungsi Content Pruning

Baca
Technology Information

Mengetahui Apa Fungsi Open Graph & Bagaimana Cara Penulisannya

Baca