Sejarah Perkembangan ANSI ( American National Standards Institute )

ANSI atau American National Standards Institute merupakan sebuah lembaga nirlaba swasta yang bertugas untuk mengawasi pengembangan standar konsensus sukarela untuk produk, jasa, proses, sistem, dan personel di hampir semua sektor bisnis di Amerika Serikat.

Lembaga ini juga mengkoordinasi standar Amerika Serikat agar sesuai dengan standar internasional sehingga produk-produk yang dikeluarkan oleh Amerika Serikat dapat digunakan di seluruh dunia.

Sejarah ANSI

Pada tahun 1916, American Institute of Electrical Engineers (sekarang menjadi IEEE) mengundang beberapa lembaga lain untuk bergabung dan membentuk suatu badan nasional yang tidak memihak untuk mengkoordinasi pengembangan standar dan menyetujui standar konsensus nasional. Hal ini diperlukan untuk menghapus kebingungan pengguna mengenai standar yang dapat diterima.  

Lembaga-lembaga tersebut adalah American Society of Mechanical Engineers (ASME), American Society of Civil Engineers (ASCE), American Institute of Mining and Metallurgical Engineers (AIME), dan American Society for Testing and Materials (sekarang ASTM International). Kelima organisasi tersebut merupakan anggota inti dari United Engineering Society (UES) kemudian mengundang Departemen Perang, Angkatan Laut dan Perdagangan AS untuk bergabung sebagai founder atau pendiri.

Pada tanggal 19 Oktober 1918, ANSI akhirnya resmi didirikan, namun pada awalnya lembaga tersebut diberi nama American Engineering Standards Committee (AESC). Di tahun 1928, komite mengubah nama tersebut menjadi American Standards Association
(ASA), dan di tahun 1966 komite melakukan reorganisasi dan melakukan perubahan nama lembaga menjadi United States of America Standards Institute (USASI). Kemudian di tahun 1969, lembaga kembali direorganisasi dan berganti nama menjadi American National Standards Institute (ANSI). Markas ANSI berada di Washington DC, tetapi beroperasi di New York.

Lembaga ini telah mewakili kepentingan lebih dari 1.200 perusahaan, organisasi, lembaga pemerintah, dan lembaga internasional. Untuk mempertahankan akreditasi dari ANSI, pengembang standar harus mematuhi serangkaian persyaratan dan prosedur yang dikenal sebagai  ANSI Essential Requirement untuk mengatur proses pengembangan konsensus atau  kesepakatan yang disetujui.

Lembaga ini juga menjadi perwakilan resmi AS untuk dua organisasi standar internasional utama yaitu ISO  (International Organization for Standardization )  dan IEC  International Electrotechnical Commission. ANSI berpartisipasi dalam hampir seluruh program teknis ISO dan IEC. Dalam banyak kasus, standar AS dibawa ke ISO dan IEC di mana standar akan diadopsi secara keseluruhan atau sebagian sebagai standar internasional.

Sepanjang sejarahnya, ANSI telah mempertahankan tujuan utamanya yaitu peningkatan daya saing global bisnis AS dan kualitas hidup Amerika. Selain memfasilitasi pembentukan standar di Amerika Serikat, ANSI juga mempromosikan penggunaan standar AS secara internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Software & Hardware

Apa Itu Application Layer ? Apa Saja Fungsinya ?

Baca
Technology Information

Cara Mengatasi Error 404 Not Found yang Terjadi pada WordPress

Baca
Software & Hardware

Langkah-langkah dan Cara Mengatasi HP Bootloop pada Xiaomi

Baca