Teknik SEO : Bagaimana Click Depth Mempengaruhi Ranking Website ? 

Teknik SEO : Bagaimana Click Depth Mempengaruhi Ranking Website ? 

Apakah click depth mempengaruhi ranking website? Apakah website Anda memiliki click depth yang baik untuk web visitor? Ketika membicarakan teknik SEO, memang terdapat banyak hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah penggunaan click depth di dalam website Anda.

Google memang telah menetapkan sejumlah algoritma yang dapat mempengaruhi ranking website di halaman mesin pencariannya. Oleh karena itu, para pemilik web harus melakukan optimasi pada halaman web mereka agar user atau web visitor dapat lebih mudah menemukannya di halaman mesin pencarian Google.

Apa Itu Click Depth ?

Sebelum Anda mengetahui bagaimana pengaruh click depth untuk penentuan ranking website, sebaiknya Anda memahami apa itu click depth terlebih dahulu.

Click depth adalah jumlah klik yang diperlukan oleh user untuk membuka suatu halaman spesifik dari halaman beranda. Beberapa orang juga menggunakan istilah page depth untuk menggambarkan click depth ini.

Sebagai contoh, ketika Anda membuka suatu situs web e-commerce, Anda akan melihat tampilan beranda atau home page. Pada tahap ini, click depth website adalah 0.

Kemudian, di halaman beranda tersebut terdapat menu atau navigasi yang ketika Anda click akan mengarahkan ke halaman lain, yaitu halaman pakaian. Pada tahap ini, halaman pakaian memiliki click depth 1. 

Selanjutnya, dari halaman pakaian tersedia menu lain yaitu pakaian wanita dan pakaian pria. Ketika Anda membuka pakaian pria, maka halaman tersebut memiliki click depth 2. 

Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Perusahaan Anda Membutuhkan Jasa SEO

Pengaruh Click Depth untuk Ranking Website

Apakah click depth memiliki pengaruh untuk ranking website Anda ? Jawabannya ada “ya”.

Click depth menjadi salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam teknik SEO karena dapat mempengaruhi ranking website di halaman pencarian.

Jawaban tersebut diperoleh dari John Mueller yaitu seorang analis senior untuk tren webmaster di Google. John Mueller menginformasikan bahwa ketika menampilkan hasil pencarian, Google akan memberi banyak bobot penilaian berdasarkan berapa banyak click yang diperlukan user untuk menemukan halaman yang dicari dari halaman homepagenya.

Teknik SEO

Topik tentang click depth ini muncul dari Google Webmaster Central Hangout. Untuk video lengkapnya Anda dapat mengunjungi Youtube Google Webmasters.

Di platform tersebut, para pemilik website dapat memperoleh banyak informasi dan bisa bertanya langsung dengan para ahli di bidang SEO.

Dalam sesi tanya jawab tersebut, seorang pemilik web e-commerce bertanya tentang cara terbaik untuk mengatur situs web mereka. John Mueller kemudian menjelaskan bahwa  jumlah garis miring (/) dalam struktur URL tidak menjadi masalah untuk performa website. Hal yang perlu diperhatikan oleh pemilik web adalah berapa banyak click yang diperlukan (click depth) untuk membuka suatu halaman spesifik dari halaman beranda website mereka.

Jika hanya dibutuhkan satu click saja untuk membuka halaman spesifik dari home page, maka Google akan menganggap bahwa halaman tersebut lebih penting dari halaman yang lain. Oleh karena itulah, Google akan memberi bobot lebih pada untuk halaman tersebut dalam hasil pencarian. Di sisi lain, Google akan menganggap suatu halaman web sebagai halaman yang tidak terlalu penting jika user membutuhkan banyak click untuk bisa membuka halaman atau konten yang ingin diakses dari halaman beranda.

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa jika Anda ingin suatu halaman di website Anda mendapat ranking yang baik di mesin pencari, maka Anda harus mengaturnya agar mudah diakses dan ditemukan dari halaman beranda.

Baca Juga: 6 Teknik SEO on Page untuk Meningkatkan Ranking Website

teknik SEO

Bagaimana Click Depth Mempengaruhi Ranking Website?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, click depth akan mempengaruhi ranking website Anda. Hal ini terjadi karena Google menganggap click depth yang terlalu banyak sebagai indikasi bahwa halaman tersebut tidak terlalu penting.

Semakin banyak click depth yang diperlukan, maka semakin kecil pula kemungkinan Google untuk mengcrawling / menjelajahi web,  terutama jika website tersebut termasuk situs web yang besar. Jika hal ini terjadi, maka halaman web tersebut tidak akan ditambahkan dalam Google index. Akibatnya website tidak akan muncul di halaman pencarian dan Anda tidak akan mendapatkan web traffic dari pencarian organik. Hal ini tentu juga akan memberikan pengaruh buruk pada jumlah konversi yang dihasilkan dari web Anda.

Selain kedalaman click depth, terdapat beberapa faktor lain yang akan mempengaruhi ranking website di mesin pencarian. Beberapa faktor lain yang perlu Anda perhatikan adalah :

  • Page speed
  • Inbound link yang berkualitas
  • Website yang aman untuk diakses
  • Mobile friendly
  • User experience
  • Kualitas konten yang baik
  • Usia domain, dan masih banyak lagi

Untuk mendapatkan peringkat atau ranking website yang baik maka Anda harus memperhatikan faktor-faktor tersebut. Anda juga dapat menggunakan jasa SEO untuk meningkatkan performa website Anda.

Untuk menemukan jasa optimasi SEO atau jasa digital marketing terbaik di kota Anda, Anda dapat mengunjungi halaman WDI. WDI juga menyediakan daftar web developer, app developer, dan lain-lain. Silakan kunjungi WDI untuk menemukan layanan digital sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini. 

Berita Seputar Web Developer

Tips & Tricks

3 Alasan Mengapa Perusahaan Anda Membutuhkan Jasa Cyber Security 

Baca
Tips & Tricks

7 Rekomendasi Aplikasi Chat Selain Whatsapp yang Bisa Anda Gunakan

Baca
Technology Information

Apa Pengertian Breadcrumbs? Mengapa Penting untuk SEO ?

Baca
Technology Information

Metode E-Learning untuk Belajar Bahasa Jepang Dasar 

Baca