Tips Agar Backlinks Dapat Terindeks Oleh Google Search Console | WDI

Tips Agar Backlinks Dapat Terindeks Oleh Google Search Console


Tips Agar Backlinks Dapat Terindeks Oleh Google Search Console

Membangun backlinks merupakan salah satu teknik terpenting dalam SEO off page. Google akan menggunakannya sebagai indikasi ketika menilai sebuah konten website. Oleh karena itu, banyak pengelola website yang berusaha untuk mendapatkan backlink dari website profesional untuk meningkatkan peringkat di search engine Google.

Agar teknik ini dapat berhasil dijalankan, Anda harus memastikan bahwa website atau backlinks dapat terindeks oleh Google. Karena jika tidak terindeks, hal ini dapat menandakan bahwa Google tidak bisa menemukan website Anda sehingga ranking tidak akan meningkat. 

Untuk mengetahui apakah website sudah terindeks oleh Google, Anda dapat mencari "site: namadomain.com" di Google. Jika Google mengetahui website Anda, maka website Anda akan muncul di dalam hasil mesin pencarian. Namun jika belum terindeks, Google tidak akan menampilkan hasil apa pun. Lalu bagaimana cara agar Google dapat mengindeks backlinks website Anda dengan cepat? Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

1. Tunggu Google menyelesaikan tugasnya

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan menunggu dengan sabar sampai Google selesai meng-crawling dan mengindeks website dengan natural. Proses ini dilakukan melalui beberapa tahap dan Google membutuhkan waktu untuk menyelesaikannya.

Baca Juga: Mengenal Penggunaan Backlinks pada Black Hat Google SEO

2. Kirim URL ke Google Search Console

Untuk memudahkan Google agar "mengenal" dan mengindeks website dengan cepat, Anda juga dapat melakukan beberapa tahap berikut:

- Kunjungi Google Search Console 

- Buka URL inspection tool

- Paste URL yang ingin Anda indeks dalam search bar.

- Tunggu, Google akan memeriksa URL yang Anda input.

- Click "request indexing" button.

3. Ping URL

Jika request yang Anda buat pada Google Search Console tidak dapat berjalan dengan baik, maka Anda perlu Ping URL website yang berisi backlink. Ini merupakan cara untuk mengingatkan Google bahwa ada pembaruan pada website Anda dan meminta Google untuk memeriksanya. Jika backlinks yang dibuat tidak menyalahi kebijakan Google, maka Google akan segera mengindeks halaman web tersebut. Untuk melakukan teknik ini, Anda dapat menggunakan berbagai alat Ping yang tersedia di internet.

4. Manfaatkan social media

Anda dapat membagikan halaman website yang berisi backlink ke berbagai social media. Hal ini dapat mengundang lebih banyak orang untuk mengunjungi website tersebut dan memungkinkan Google untuk mengetahuinya secara alami. Metode ini tidak hanya akan membantu pengindeksan namun juga mampu meningkatkan kredibilitas perusahaan Anda di social media.

 Baca Juga: Mengenal Pentingnya Backlinks untuk SEO Ranking