Tips Agar Startegi Digital Marketing Dapat Bekerja dengan Efektif

Jika Anda ingin perusahaan yang Anda kelola berhasil menarik minat banyak pelanggan, maka Anda harus mulai menyusun strategi digital marketing dengan benar. Sebagian besar perusahaan saat ini sudah mengadopsi pemasaran digital untuk memasarkan produknya. Namun beberapa teknik yang dilakukan tidak dapat menghasilkan keuntungan sesuai dengan apa yang diharapkan. Oleh karena itu, agar strategi pemasaran digital dapat bekerja dengan efektif maka terdapat beberapa tips yang harus Anda lakukan, yaitu:

1. Membangun buyer persona

Untuk membantu Anda dalam memahami target audiens, Anda dapat membangun buyer persona. Buyer persona merupakan representasi semi-fiksi dari pelanggan ideal Anda. Buyer personal dibangun berdasarkan data akurat yang diperoleh dari penelitian, survey, atau dengan cara mewawancarai target audiens. Dengan memiliki buyer persona, Anda dapat memahami pelanggan Anda secara lebih mendalam dan mengetahui strategi pemasaran seperti apa yang paling sesuai. 

Baca Juga: 5 Jenis Pemasaran Digital Untuk Mengembangkan Bisnis

2. Tentukan marketing goals

Tujuan dari pemasaran yang Anda lakukan harus memiliki kaitan mendasar dengan tujuan bisnis Anda. Jika tujuan bisnis Anda untuk melakukan pemasaran digital adalah untuk meningkatkan pendapatan online, maka Anda sebagai pelaku digital marketing dapat membuat goals untuk menghasilkan lebih banyak prospek yang mengarah ke website Anda. Namun perlu Anda ketahui,  apapun tujuan dari pemasaran yang Anda lakukan, pastikan tujuan tersebut dapat Anda ukur, spesifik, dapat dicapai, dan dibatasi dengan waktu. Tujuan yang telah ditentukan akan membantu Anda melihat apakah strategi pemasaran yang Anda buat dapat membuahkan hasil seperti yang Anda harapkan atau tidak.

3. Merencanakan pemasaran   

Setelah Anda menentukan target dan tujuan, langkah selanjutnya adalah merencanakan pemasaran menggunakan media digital. Terdapat beberapa media yang dapat Anda optimalkan, yaitu:

– Owned media yaitu media digital yang sudah dimiliki dan dikontrol oleh perusahaan. Media ini dapat berupa website, sosial media, atau pun blog. 

Pemasaran yang dilakukan melalui owned media bergantung pada konten yang Anda sediakan di dalamnya. Oleh karena itu, agar konten dapat menghasilkan lebih banyak prospek, Anda harus menganalisis konten seperti apa yang paling disuka oleh pelanggan Anda. 

– Earned media merupakan suatu kondisi ketika pelanggan memberi respon terhadap konten yang Anda buat dengan cara merepost, mereview, merekomendasikan ke pengguna yang lain, dan lain-lain. Earned media adalah para audiens, follower, atau pelanggan yang menyebarkan konten atau pesan tersebut. Agar audiens Anda tertarik untuk memposting ulang, konten dapat Anda buat semenarik mungkin serta memiliki kemugkinan untuk viral. 

Baca Juga: Tips Membuat Video Pemasaran Menjadi Viral

Anda juga bisa menggunakan media sosial untuk berinteraksi dengan pelanggan agar mereka dapat mengenal lebih dalam mengenai profil perusahaan Anda. Pengalaman menyenangkan yang didapat oleh konsumen akan membuka peluang terjadinya earn media dimana konsumen merekomendasikan layanan Anda kepada prospek customer yang lain. 

– Paid media merupakan media pemasaran berbayar seperti Google Ads, Facebook Ads, paid influencers, dan lain-lain. Pilih iklan berbayar yang paling sesuai dengan bisnis Anda. Jika Anda lebih aktif untuk mengunakan media sosial untuk memasarkan produk, maka Anda dapat menggunakan Facebook Ads. Namun jika tujuan Anda adalah untuk mengarahkan banyak traffic ke website, maka Google Ads bisa menjadi pilihan yang sesuai. 

Layanan WDI

WDI atau Web Developer Indonesia menyediakan daftar perusahaan profesional yang akan membantu mengoptimalkan bisnis Anda menggunakan teknologi digital. Silakan kunjungi daftar web dev kami untuk menemukan  layanan yang sedang Anda butuhkan. Web Developer Indonesia juga menyediakan info lowongan kerja yang telah kami sediakan di halaman karir kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Technology Information

Apa Pengertian Breadcrumbs? Mengapa Penting untuk SEO ?

Baca
Software & Hardware

Mengetahui Apa Pengertian dan Fungsi Content Pruning

Baca