Tips App Store Optimization (ASO) Meningkatkan Jumlah Unduhan Aplikasi

ASO atau App Store Optimization dapat didefinisikan sebagai suatu metode yang dilakukan untuk mengoptimalkan aplikasi agar mendapat ranking yang tinggi di dalam hasil pencarian Google Play Store atau App Store. Secara garis besar, tujuan ASO ini hampir sama dengan SEO. Jika SEO digunakan untuk mengoptimalkan sebuah website, maka ASO digunakan untuk mengoptimalkan aplikasi.

App Store Optimization perlu Anda lakukan melihat saat ini terdapat jutaan aplikasi yang tersedia baik di Google Play Store atau pun App Store. Beberapa teknik ASO ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan popularitas aplikasi sehingga jumlah unduhan juga akan semakin bertambah. Berikut beberapa tips ASO yang dapat Anda lakukan.

1. Pilih nama yang tepat untuk aplikasi Anda

Nama atau judul aplikasi adalah hal yang pertama kali dilihat oleh setiap pengguna. Oleh karena itu, pastikan judul yang Anda gunakan menarik, mudah dibaca, serta mengandung keyword atau kata kunci yang relevan dengan fungsi utama aplikasi.

Agar aplikasi lebih mudah untuk dipahami oleh pengguna, Anda juga bisa membuat judul deskriptif seperti yang dilakukan oleh Adobe Photoshop. Aplikasi ini mengimbuhkan informasi deskripstif berbunyi “Photo Editor Collage Maker” di belakang nama utama mereka.

2. Gunakan kata kunci yang sesuai

Tidak jauh berbeda dengan teknik SEO, dalam ASO kata kunci juga memiliki peran yang penting. Untuk meningkatkan visibilitas serta menjangkau target pasar dengan tepat, Anda harus menggunakan kata kunci yang paling relevan dengan aplikasi Anda. Cari kata kunci yang berkaitan erat dengan fitur utama, fungsi, atau kategori aplikasi yang Anda buat. Kata kunci tersebut nantinya dapat Anda sisipkan ke dalam judul dan deskripsi aplikasi.

3. Perhatikan deskripsi aplikasi

Kolom deskripsi menjadi bagian lain yang harus Anda perhatikan ketika ingin meningkatkan popularitas aplikasi. Selain dapat membantu pengguna untuk mengetahui informasi dan fitur utama aplikasi, deskripsi juga mempunyai pengaruh pada algoritma app store.

Kolom deskripsi dapat memberi pengguna informasi mengenai fitur-fitur utama aplikasi Anda. Untuk Google Play Store, kolom deskripsi merupakan bagian dimana Google dapat menemukan kata kunci dan mengindeks aplikasi Anda. Oleh karena itu, buatlah kalimat deskripsi yang mengandung kata kunci untuk menarik pengguna serta memudahkan Google dalam mengindeks aplikasi Anda. Idealnya, deskripsi harus informatif, mudah dipahami serta terstruktur dengan jelas. 

4.  Siapkan Screenshot & Video App

Screenshot dan video app akan membantu pengguna untuk memahami gambaran umum serta fungsionalitas aplikasi. Manfaatkan screenshot dan video app dengan sebaik-baiknya untuk memberi tahu pengguna mengapa mereka harus menyukai aplikasi Anda. Pastikan screenshot dan video dapat mengilustrasikan tampilan, cara kerja, serta fitur utama aplikasi. 

5. App Ratings & Reviews

Feedback dari pengguna merupakan bagian penting dari ASO. Baik Google Play Store atau pun App Store sama-sama memperhitungkan rating dan review dari pengguna aplikasi Anda. Semakin baik rating yang Anda peroleh maka semakin mudah bagi aplikasi Anda untuk memperoleh ranking yang baik. 

Baca Juga: Aplikasi Android VS IOS. Platform Mana yang Harus Dibuat Pertama Kali?

Layanan WDI

WDI menyediakan daftar perusahaan yang menyediakan jasa pengembangan aplikasi untuk Anda. Jika saat ini Anda berencana untuk mengelola aplikasi perusahaan sendiri, Anda dapat menemukan daftar pengembang aplikasi di daftar Mobile App Developement yang sudah kami sediakan untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Tips & Tricks

3 Alasan Mengapa Perusahaan Anda Membutuhkan Jasa Cyber Security 

Baca
Tips & Tricks

7 Rekomendasi Aplikasi Chat Selain Whatsapp yang Bisa Anda Gunakan

Baca
Technology Information

Apa Pengertian Breadcrumbs? Mengapa Penting untuk SEO ?

Baca