Tips Belajar Coding Secara Otodidak

Melihat semakin majunya teknologi digital, banyak orang memutuskan untuk belajar coding atau programming secara otodidak. Di era serba digital seperti sekarang ini, pemrograman memang menjadi salah satu skill yang sangat berguna. Tidak sedikit perusahaan yang membutuhkan ketrampilan para programmer  untuk membantu mengembangkan bisnis mereka. Jika saat ini Anda sudah memutuskan untuk belajar coding atau programming, berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda.

1. Pilih bahasa yang tepat

Ketika Anda memutuskan untuk belajar coding, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu bahasa apa yang harus Anda kuasai. Pilih bahasa pemrograman yang sesuai dengan tujuan yang Anda inginkan. Sebagai contoh, jika Anda belajar coding adalah untuk membuat aplikasi website, maka Anda bisa memilih Javascript, CSS, dan HTML untuk dipelajari. Sebagai tahap awal, maka sebaiknya Anda fokus mempelajari bahasa pemrograman yang telah Anda pilih. Jika Anda menemukan kesulitan, Anda bisa mencari solusi dari tutorial atau komunitas online. 

2. Pelajari algoritma dan struktur data

Setelah Anda menentukan bahasa apa yang ingin Anda pelajari, tahap selanjutnya adalah mempelajari alogritma dan struktur data. Algortima adalah logika, metode atau pun tahapan sistematis yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan. Sedangkan struktur data adalah sebuah proses bagaimana menyusun, mengurutkan dan menyimpan data agar dapat digunakan secara efisien. Dengan mempelajari dua hal ini Anda akan terbantu ketika memilih langkah yang tepat untuk memecahkan suatu permasalahan. Untuk mempelajarinya secara lebih mendalam, Anda juga bisa bergabung dengan beragam kursus online yang tersedia di internet.

3. Mengasah keterampilan

Setelah menguasai struktur data dan algoritma dengan baik, Anda dapat mengasah ketrampilan Anda dengan menyelesaikan masalah yang tersedia di berbagai situs web seperti Hackerrank, Codeforce, atau yang lain. Anda dapat menyesuaikan tingkat kesulitan sesuai dengan skill yang telah Anda kuasai. Semakin banyak masalah yang dapat Anda selesaikan, maka Anda bisa menjadi semakin percaya diri dengan kemampuan pemrograman Anda.

4. Membuat proyek

Dengan ketrampilan yang Anda miliki dalam bahasa pemrograman serta kemampuan memecahkan masalah, Anda bisa memulai mengerjakan suatu proyek. Anda dapat memanfaatkan beberapa framework populer untuk membantu proses pengembangan, seperti dengan Django, Labu, Ruby on Rails dan lain-lain. 

Layanan WDI

WDI adalah situs yang akan membantu menghubungkan web developer dengan perusahaan lain untuk menyelesaikan proyek-proyek di bidang pengembangan web. Jika Anda adalah seorang web developer profesional, silahkan kunjungi daftar proyek yang telah kami sediakan.   Anda dapat mencari dan bergabung dengan proyek sesuai dengan skill dan kemampuan Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Tips & Tricks

7 Rekomendasi Aplikasi Chat Selain Whatsapp yang Bisa Anda Gunakan

Baca
Technology Information

Apa Pengertian Breadcrumbs? Mengapa Penting untuk SEO ?

Baca