Tips Membuat Foto Bokeh Terbaik Menggunakan Kamera Smartphone

Tips Membuat Foto Bokeh Terbaik Menggunakan Kamera Smartphone

Hasil fotografi dengan menggunakan smartphone layaknya menggunakan kamera professional belakangan ini menjadi sebuah tren. Apa itu foto bokeh? Pada dasarnya, foto bokeh merupakan foto potretan dengan ruang tajam atau biasa dikenal sebagai Depth of Field.

Kecanggihan teknologi memungkinkan pengguna perangkat mobile mengabadikan momen menggunakan kamera smartphone dengan hasil yang tidak boleh diremehkan kualitasnya.

Meski foto yang dihasilkan smartphone belum secanggih dan semulus kamera professional, hasil foto terbaik menggunakan handphone dapat Anda setarakan dengan kualitas jepretan kamera DSLR plus lensa ber-apeture lebar.

Tips Membuat Foto Bokeh Terbaik Dengan Smartphone

Berikut beberapa tips bagaimana untuk menghasilkan foto terbaik menggunakan kamera smartphone.

Baca Juga: Panduan Penggunaan Shutter Speed untuk Fotografer Pemula

1. Pahami jarak presisi

Rentang jarak yang tepat pastinya akan mempengaruhi kualitas foto dari kamera smartphone. Umumnya, untuk mendapatkan hasil foto terbaik disarankan objek berada pada jarak 50 cm hingga 2 m. Efek kedalaman ruang yang dihasilkan juga akan berbeda nantinya.

2. Aktifkan Mode Potrait

Smartphone yang memiliki dual camera sudah mendukung mode portrait untuk menangkap foto bokeh terbaik dengan lebih praktis. Buka view finder dan pilih opsi portrait mode untuk mengaktifkannya.

3. Hindari Objek Transparan

Meskipun foto yang dihasilkan menggunakan smartphone semakin membaik dan lebih menyerupai menggunakan kamera profesional. Terdapat beberapa kesalahan detail yang masih sangat menganggu. Hal yang paling sering terjadi yaitu suatu obyek transparan seperti kacamata yang tidak berfokus secara sempurna, sehingga efek blur seperti dimanipulasi menggunakan aplikasi digital dan tidak rapi. Perlu diperhatikan, hindari memotret obyek transparan tanpa background di balik objek tersebut yang terletak dekat untuk hasil yang sempurna.

4. Pastikan Fokus Terkunci

Pastikan fokus kamera pada objek tidak terganggu. Jika fokus kamera kurang presisi, hasil background tidak akan terlihat rapi. Selain itu, jika smartphone Anda hanya mendukung efek bokeh dengan bantuan software, beberapa bagian objek pun akan ikut blur.

Baca Juga: 5 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Pengguna iOS dan Android

5. Pahami Konsep Framing

Menempatkan objek di tengah ponsel dapat menghasilkan foto bokeh secara instan, namun hasil foto tersebut nantinya akan terlihat biasa saja. Gunakan garis pembantu atau grid agar tahu bagaimana mengambil gambar ke dalam satu bingkai yang simetris dan rapi.

6. Memilih Background yang Tepat

Jika background sekedar hitam putih ataupun abu-abu. Carilah background yang tepat seperti cahaya lampu neon yang tampak indah ketika di-blur.

Berita Seputar Web Developer

Tips & Tricks

7 Rekomendasi Aplikasi Chat Selain Whatsapp yang Bisa Anda Gunakan

Baca
Technology Information

5 Rekomendasi Website Builder Gratis Terbaik di Tahun 2020

Baca
Tips & Tricks

Mengenal Model Marketing AIDA: Apa Itu AIDA ?

Baca