Tips Membuat Statistik untuk Mengetahui Perkembangan Projek

Ketika Anda sedang mengerjakan sebuah proyek, Anda dapat membuat statistik untuk mengetahui apakah projek yang sedang dikerjakan sesuai dengan rencana atau tidak. Laporan statistik berisi kumpulan data dalam bentuk angka maupun bukan angka yang disusun dalam bentuk tabel (daftar) atau diagram untuk suatu masalah tertentu.

Dari data-data tersebut,  Anda dapat menganalisis dan memahami apakah projek sudah berjalan sesuai dengan rencana. Lalu bagaimana cara membuat statistik yang baik?

Baca Juga: 4 Langkah dan Tips untuk Menjadi Programer Dasar

Berikut kami sediakan bagian-bagian yang dapat Anda sediakan ketika membuat statistik.

1. Abstrak

Abstrak berisi ringkasan singkat dari report yang Anda buat. Panjang abstrak yang disarankan tidak lebih dari 150 kata. Bagian ini dapat membantu pembaca untuk mengetahui gambaran report, apakah sesuai dengan apa yang mereka butuhkan atau tidak.

2. Pendahuluan

Pendahuluan dapat Anda isi dengan latar belakang dari pembuatan laporan statistik yang Anda buat. Informasi latar belakang dapat membantu pembaca report untuk memahami
informasi apa yang akan dibahas secara keseluruhan di dalamnya.

3. Metode

Anda juga harus menyediakan metode yang digunakan untuk sebuah proyek. Jelaskan bagaimana data dikumpulkan, serta prosedur statistik yang digunakan untuk menganalisis data Anda. Informasikan juga sumber daya, tools, atau platform yang digunakan.

4. Hasil

Baca Juga: Perbandingan Antara Contoh Deskripsi Produk yang Baik Dengan yang Buruk

Bagian ini menjelaskan hasil yang ditemukan dari data yang dikumpulkan. Hasil report dapat Anda sediakan dalam bentuk numerik, bagan, atau pun grafik. Penting untuk diketahui, bagian ini hanya menyediakan fakta yang di dapat dari data yang terkumpul dan tidak boleh menyampurkannya dengan sebuah analisa.

5. Kesimpulan

Di halaman ini, Anda dapat membuat definisi atau kesimpulan dari data-data atau fakta yang diperoleh di halaman sebelumnya (hasil). Jelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti agar pembaca lebih mudah dalam memahami bagaimana jalannya projek yang sedang dikerjakan. Dari kesimpulan, Anda juga dapat mengetahui metode apa yang sebaiknya diperbaiki agar projek berjalan sesuai dengan rencana. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Tips & Tricks

Mengenal Model Marketing AIDA: Apa Itu AIDA ?

Baca
Tips & Tricks

4 Langkah dan Tips untuk Menjadi Programer Dasar

Baca
Tips & Tricks

Mengenal 5 Teknik dan Macam-macam Angle Fotografi

Baca