Tips Mobile Photography untuk Menghasilkan Foto Berkualitas | WDI

Tips Mobile Photography untuk Menghasilkan Foto Berkualitas


 Tips Mobile Photography untuk Menghasilkan Foto Berkualitas

Mobile photography semakin diminati seiring dengan semakin canggihnya kamera smartphone saat ini. Cukup dengan kamera smartphone dan aplikasi pengeditan, Anda sudah bisa menghasilkan foto berkualitas tinggi. Seperti yang sudah Anda ketahui, sebagian besar smartphone saat ini hadir dengan kamera yang memiliki performa tinggi. Bahkan beberapa smartphone memiliki dua atau 3 lensa di dalamnya. Berikut kami sediakan beberapa tips untuk menghasilkan foto atau gambar berkualitas dengan mobile photography.

1. Bersihkan lensa kamera

Meskipun smartphone Anda memiliki kamera berkualitas tinggi namun jika lensa tertutup debu maka foto yang dihasilkan tidak dapat optimal. Lensa yang tertutup dengan kotoran, debu, minyak, dan sidik jari dapat memiliki efek yang buruk pada foto yang dihasilkan. Oleh karenanya, pastikan lensa kamera selalu dalam kondisi yang bersih ketika digunakan. Bersihkan dengan kain lembut atau kain khusus untuk membersihkan lensa. 

2. Atur fokus kamera

Dalam mobile photography, pengaturan fokus kamera juga memiliki peran yang penting. Untuk memastikan subjek Anda selalu dalam fokus yang tajam, Anda harus mengatur titik fokus secara manual. Buka aplikasi kamera Anda dan ketuk layar smartphone di mana Anda ingin mempertajam tampilan. Hal ini dapat membantu Anda untuk menghasilkan gambar yang lebih jernih dan tajam.

3. Sesuaikan exposure

Exposure adalah jumlah cahaya yang diterima oleh sensor kamera ketika pengambilan suatu gambar. Untuk memastikan foto yang Anda hasilkan memiliki tingkat kecerahan yang baik, Anda harus menyesuaikan exposure sebelum mengambil gambar. Atur secara manual dengan cara mengetuk layar smartphone dan tahan sampai ikon matahari muncul dengan skala cahaya yang dapat diatur. Geser secara perlahan skala exposure tersebut sampai gambar mendapat tingkat kecerahan yang sesuai.

4. Jaga kestabilan kamera

Kestabilan kamera perlu Anda jaga karena sedikit guncangan dapat menghasilkan foto yang terlihat buram. Untuk meminimalkan guncangan tersebut, Anda dapat menggunakan tripod khusus untuk smartphone. Selain itu, guncangan kamera biasanya juga dapat terjadi setiap Anda mengetuk layar smartphone untuk mengambil foto. Akibatnya foto yang dihasilkan akan terlihat blur. Untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan wireless remote yang memungkinkan penggunanya untuk bisa mengambil foto tanpa harus mengetuk layar smartphone.

Baca Juga: Tips Menggunakan Artificial Light untuk Food Photography

 Layanan WDI

Web Developer Indonesia menyediakan daftar perusahaan yang menyediakan jasa photography dan video creator. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk membuat konten berupa foto produk atau layanan untuk website, Anda dapat menggunakan jasa fotografer dari daftar perusahaan yang sudah kami sediakan.



Berita Seputar Web Developer

4 Proxy Server Paling Populer di Indonesia Technology Information
Baca