Tugas dan Softskill yang Harus Dimiliki Oleh Quality Assurance

Quality Assurance atau lebih dikenal dengan istilah QA memiliki tugas dan peran yang sangat penting bagi perusahaan yang bergerak di bidang IT.  

Quality Assurance bertugas untuk mengidentifikasi dan menganalisis bug atau error yang ditemukan selama pengujian dan mendokumentasikannya. Mereka juga harus memastikan bahwa aplikasi atau produk yang dikembangkan memiliki kualitas yang baik sebelum produk dirilis di pasaran. Berikut ini adalah tugas dari Quality Assurance secara garis besar.

Tugas Quality Assurance

1. Menguji produk dan mengidentifikasi kekurangannya.

2. Menyarankan solusi ketika menemukan masalah di dalam produk.

3. Memastikan bahwa produk, aplikasi, atau sistem yang dirancang memiliki kuailtas yang baik, serta sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

4. Bekerjasama dengan pihak developer dan tim produksi untuk memastikan pelaksaanan proyek berjalan dengan konsisten.

5. Membuat laporan dari hasil pengujian.

Selain harus memiliki pengetahuan dengan berbagai jenis dan tingkat pengujian, Quality Assurance juga harus menguasai beberapa softskill . Berikut beberapa softskill yang harus dikuasai.

1. Komunikasi

Terkadang tim pengembang dapat menjadi lebih sensitif ketika QA melaporkan suatu kesalahan pada hasil kerja mereka. Oleh karena itu, kemampuan berkomunikasi menjadi salah satu softskill yang harus dikuasai. Laporan bug atau error harus bisa dikomunikasikan secara baik dengan tim produk atau tim development.  

2. Kemampuan analisis

Kemampuan analisa yang baik dapat membantu QA dalam menemukan bug di dalam sistem. Kemampuan ini juga bisa membantu QA untuk memberikan saran ketika sistem yang dikembangkan masih memiliki kekurangan.

3. Fast learning

Teknologi yang berkembang dengan pesat menuntut QA untuk selalu bisa mengikuti teknologi baru . Jika Anda ingin menjadi QA profesional, maka Anda harus memiliki kemauan untuk terus belajar serta mampu memahami ilmu-ilmu baru secara cepat.

Baca Juga: 3 Skill yang Perlu Dipelajari untuk Menjadi Backend Developer

Layanan WDI

WDI menyediakan informasi lowongan kerja untuk web developer di Indonesia. Silakan kunjungi halaman karir kami untuk menemukan posisi yang sesuai dengan kemampuan Anda. Kami menyediakan beberapa kategori lowongan, mulai dari quality assurance, project manager, digital marketing, dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer