Tugas Web Developer yang Perlu Anda Ketahui

Tugas Web Developer yang Perlu Anda Ketahui

Profesi web developer menjadi salah satu pekerjaan yang cukup populer di bidang IT. Pekerjaan ini biasanya akan ditempati oleh orang-orang yang mempunyai kemampuan dalam menciptakan aplikasi berbasis web dengan beragam bahasa pemrograman. Para web developer ini bertanggung jawab agar website yang mereka kembangkan dapat berfungsi dengan baik serta tanpa kendala.

Baca Juga: Apa Itu Developer? Tugas dan Kualifikasi Apa Saja yang Diperlukan?

Secara umum, website developer dibagi menjadi 3 divisi yaitu Frontend Developer, Backend Developer, dan juga Fullstack Developer. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai tugas dari para web developer ini, berikut informasinya.

Frontend Developer

Frontend Developer mempunyai tugas untuk mendesain tampilan depanĀ  sebuah website. Selain itu, frontend developer juga bertanggung jawab dalam membangun bagian interface dari sisi user. Seorang frontend developer harus bisa menguasai tiga bahasa pemrograman yaitu HTML, CSS, dan juga Javascripts. Keahlian lain yang dibutuhkan adalah penguasaan berbagai framework mulai dari Bootstrap, Backbone, Vue.js, React.js, dan lainnya. Selain itu, frontend developer juga banyak diminta agar dapat menguasai libraby seperti jQuery dan LESS.

Backend Developer

Backend Developer bertugas untuk membangun dan mengelola teknologi yang mendukung 3 komponen backend sebuah website, yaitu server, aplikasi dan database.

Baca Juga: Macam-macam Web Server Populer Serta Pengertiannya

Dalam menjalankan tugasnya, backend developer menggunakan bahasa programing seperti PHP, Ruby, Python, Java, atau yang lain. Backend developer mempunyai tanggung jawab dalam memprogram server agar dapat mengirimkan dokumen ( HTML, CSS, dan kode Javascript ) ke browser pengguna.

Selain itu, mereka juga bertugas untuk memastikan keamanan website yang sedang dikembangkan.

Full Stack Developer

Full Stack developer merupakan website developer yang dapat bekerja secara cross-functional, yaitu antara frontend dan juga backend. Mereka akan bertanggung jawab dari sisi user interface dan juga sisi server dalam waktu yang bersamaan. Karena hal tersebut, fullstack developer dituntun untuk mempunyai keahlian yang dimiliki oleh frontend serta backend developer. Para full stack developer ini nantinya akan bertanggung jawab terhadap tampilan website yang baik serta jalan aplikasi yang akan dikembangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Tips & Tricks

Mengenal Model Marketing AIDA: Apa Itu AIDA ?

Baca
Tips & Tricks

4 Langkah dan Tips untuk Menjadi Programer Dasar

Baca
Tips & Tricks

Mengenal 5 Teknik dan Macam-macam Angle Fotografi

Baca