Cara Mengaktifkan USB Debugging di Perangkat Android

Cara Mengaktifkan USB Debugging di Perangkat Android

USB debugging adalah fitur yang ditujukan untuk para pengembang Android, baik itu pengembang sistem atau pun aplikasi. Fitur ini dapat Anda temukan di perangkat Android, tepatnya pada menu Developer Options. Jika Anda adalah seorang pengembang, maka fitur ini akan sangat berguna bagi Anda.

Pada dasarnya, Android menyediakan fitur ini agar perangkat Android bisa berkomunikasi dengan Android SDK (Software Developer Kit) melalui koneksi USB. Dengan fitur ini, Android dapat menerima perintah, file, atau yang lain dari PC dan memungkinkan PC untuk menarik informasi penting seperti log files dari perangkat Android.

Apakah aman digunakan ?

Sebelum menggunakannya, Anda perlu mengetahui bahwa mengaktifkan fitur ini juga memiliki pengaruh pada sisi keamanan perangkat. Ketika membiarkan fitur tersebut selalu aktif maka itu artinya Anda membiarkan perangkat terbuka saat dicolokkan melalui USB. Oleh karena itu, sebaiknya hindari penggunaan port USB yang tidak dikenal. Selain itu, cek kembali otorisasi sebelum memberi akses ke perangkat baru. Jika Anda tidak mengenali perangkat tersebut, Anda bisa memilih untuk menolak permintaan akses.

USB Debugging

Baca Juga: Penyebab Bootloop di Android dan Cara untuk Mengatasinya

Karena fitur ini tersedia pada opsi pengembang, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengaktifkan Developer Options. Untuk beberapa jenis handphone Android mungkin memiliki langkah yang sedikit berbeda, namun secara garis besar berikut beberapa langkah utama yang bisa Anda ikuti.

  1. Buka menu setting atau pengaturan pada perangkat Android Anda.
  2. Di dalam menu setting silakan masuk ke menu “About phone”
  3. Temukan menu “Software version”, “Versi Software”, atau “Software information”. Jika sudah, Anda dapat masuk ke menu tersebut.
  4. Selanjutnya, cari menu “Build Number”. Untuk bisa masuk ke menu ini, Anda harus mengklik menu tersebut sebanyak 7 kali.

Setelah opsi pengembang aktif di perangkat Android Anda, berikut ini langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur ini.

Cara mengaktifkan USB Debugging

  1. Masuk ke menu setting atau pengaturan.
  2. Cari menu opsi pengembang atau developer options.
  3. Scroll ke bawah dan aktifkan opsi USB debugging.
  4. Jika ada notifikasi “Allow development settings ?” silakan pilih “OK”.

Baca Juga : Framework Populer untuk Membuat Aplikasi Android

Berita Seputar Web Developer

Tips & Tricks

7 Rekomendasi Aplikasi Chat Selain Whatsapp yang Bisa Anda Gunakan

Baca
Technology Information

Metode E-Learning untuk Belajar Bahasa Jepang Dasar 

Baca