Cara kerja, Kelebihan dan Kekurangan yang Dimiliki Web Server Apache

Cara kerja, Kelebihan dan Kekurangan yang Dimiliki Web Server Apache

Web server merupakan suatu kebutuhan yang dipakai oleh pengguna untuk situs webnya yang memiliki kapasitas untuk penyimpanan yang besar dan akses yang cepat untuk traffic yang besar dalam pencegahan terjadinya down pada suatu website atau aplikasi. Salah satu jenis web server yang sangat populer dan paling banyak digunakan saat ini yaitu Apache.

Seperti web server pada umumnya, Apache merupakan suatu perangkat lunak yang menghubungkan server dengan browser. Jika Anda mengakses website melalui URL pada browser, nantinya akan muncul tampilan situs web, hal tersebut merupakan hasil kerja dari Apache.

Sebagai perangkat lunak yang tersedia secara gratis dan open source, Apache didukung oleh para pengembang di seluruh dunia yang membuat perangkat lunak ini lebih terawatt dan terus diperbarui secara teratur dan fungsionalitas baru guna meningkatkan kualitas dalam pengiriman layanan HTTP. Lalu bagaimana Apache bekerja?

Baca Juga: Macam-macam Web Server Populer Serta Pengertiannya

Cara Kerja Apache

Cara kerja Apache pada umumnya sama seperti cara kerja perangkat lunak web server pada umumnya. Web server sendiri memiliki peran untuk menerima berbagai request yang dilakukan oleh user.

Apache punya beberapa modul yang dapat menambah fungsionalitasnya, seperti MPM dengan menangani berbagai macam mode yang multifungsional. Atau mod_ssl yang memungkinkan dukungan koneksi SSL dan TLS.

Kelebihan dan Kekurangan Apache

Walaupun Apache merupakan web server yang populer dan paling banyak digunakan, Apache tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan

  • Lintas platform.
  • Adanya komunitas besar serta dokumentasi yang lengkap.
  • Konfigurasi yang cukup mudah.
  • Kompitabel dengan menggunakan WordPress.
  • Bersifat Open Source.
  • Patch keamanan yang selalu diperbarui.
  • Memiliki perangkat lunak yang stabil

Baca Juga: Contoh Web Server yang Paling Banyak Digunakan

Kekurangan

  • Keamanan yang cukup rentan dikarenakan beberapa konfigurasi yang tidak ikut dikembangkan secara baik.
  • Saat menerima berbagai traffic yang tinggi, nantinya akan muncul gangguan atau masalah berkaitan dengan performa pada website tersebut.

Berita Seputar Web Developer