5 Rekomendasi Website Builder Gratis Terbaik di Tahun 2020

5 Rekomendasi Website Builder Gratis Terbaik di Tahun 2020

Saat ini terdapat beragam website builder gratis yang dapat digunakan untuk mengembangkan web dengan fungsional yang baik. Bahkan, untuk menggunakan web builder tersebut, Anda sama sekali tidak membutuhkan pengetahuan tentang kode.

Website builder merupakan online platform yang memungkinkan penggunanya untuk bisa membuat situs web sendiri dengan berbagai pilihan template. Anda tidak perlu membuat barisan kode ketika menggunakan website builder gratis tersebut. Selain itu, pada umumnya website builder juga mudah untuk digunakan.

Terdapat dua jenis website builder, yatitu:

  1. Classic website builder

Tool ini memungkinkan Anda untuk membuat website dari beragam template. Anda dapat menambah atau mengisi website tersebut dengan beragam konten. 

  1. AI website builder

AI website builder bekerja dengan cara mengajukan sejumlah pertanyaan seperti apa jenis web yang Anda inginkan atau desain web seperti apa yang Anda suka. Setelah pertanyaan terjawab, web builder ini akan membangun website sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Bagi para pemilik bisnis online, kehadiran website memang semakin dibutuhkan. Selain menggunakan jasa web developer profesional, beberapa orang memilih untuk menggunakan website builder gratis.

Meskipun website builder ini gratis, namun kualitas yang dihasilkan tetap baik. Banyak orang menggunakannya untuk mengembangkan web perusahaan, blog, atau sebagai halaman portofolio. Beberapa website builder gratis ini juga menawarkan fungsi SEO, mobile optimization, sistem analisis, serta template yang tetap terlihat profesional.

Ada banyak pilihan untuk membangun dan merancang situs web secara gratis. Untuk memudahkan Anda menemukan website builder gratis terbaik, berikut kami sediakan informasinya untuk Anda.

Daftar Website Builder Terbaik

1. Wix

Wix merupakan website builder gratis dengan lebih dari 180 juta pengguna. Platform ini sangat populer karena fleksibel serta menyediakan kemudahan untuk para penggunanya. Wix juga mempunyai lebih dari 500 template gratis sehingga pengguna memiliki lebih banyak pilihan untuk desain websitenya. Namun Anda harus berhati-hati ketika memilih template karena template tidak dapat diubah lagi setelah website tayang.

website builder gratis
Sumber: wix.com

Anda dapat menggunakan fungsi drag-and-drop untuk mengembangkan website. Desain yang disediakan juga mobile friendly serta terlihat profesional. Selain itu, Wix juga memiliki fungsi untuk SEO seperti mengedit judul halaman, meta descriptions, alt tags, serta 301 redirects. Fitur-fitur yang disediakan oleh Wix sangat berguna untuk Anda, cek fitur lainnya di sini.

2. Weebly

Weebly sangat fleksibel, kompatibel, serta mudah digunakan. Sama seperti Wix, Weebly juga memiliki fungsionalitas drag-and-drop. Website builder ini cocok untuk mengembangkan web portfolio, blog, toko online, dan situs bisnis.

Banyak fitur Weebly yang sesuai untuk mengembangkan toko online sederhana. Ketika Anda memilih “online store” selama proses pembuatan web, Anda akan diarahkan ke dasbor e – commerce Anda sendiri. Di halaman ini, Anda dapat menyesuaikan desain website, menambahkan produk, mengelola pembayaran, dan masih banyak lagi.

Weebly dilengkapi dengan SEO tool untuk  membuat title tags atau meta descriptions. Selain itu, Anda juga bisa menginstal Google Analytics untuk memantau seberapa baik kinerja web Anda. Meskipun demikian, Weebly juga memiliki analytics tool sendiri yang memberikan real time statistik untuk memahami kinerja serta pola web traffic Anda.

Baca Juga: Jenis Website Berdasarkan Sifatnya dan Fungsinya

3. WordPress.com

WordPress adalah website builder gratis yang memungkinkan penggunanya untuk menggunakan domain sendiri. Namun jika Anda tidak ingin membeli domain, Anda dapat menggunakan alamat URL milik WordPress. 

website builder gratis
Sumber: wordpress.com

Jika Anda ingin mengembangkan blog, maka WordPress merupakan pilihan yang tepat. WordPress memiliki banyak fitur yang disediakan untuk halaman blog seperti mudah untuk mengelola konten, membuat draft artikel, mengatur jadwal publish untuk artikel, dan masih banyak lagi.

4. Site123

Dengan Site123 Anda dapat membangun situs web dengan cepat dan mudah. Site123 mempunyai design assistance yang bekerja untuk membuat template sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Site123 akan menanyakan beberapa pertanyaan, seperti jenis situs web yang Anda inginkan, apa nama situs web Anda, dan lain-lain. Kemudian, Site123 akan menciptakan template dengan fitur-fitur yang Anda butuhkan.

Template yang disediakan Site123 juga cocok untuk perangkat seluler karena menggunakan desain responsif.

5. GoDaddy

GoDaddy adalah website builder gratis yang ramah untuk para pemula. Platform ini menggunakan Artificial Design Intelligence (ADI) untuk mengembangkan website dengan mudah dan cepat bahkan hanya dalam hitungan menit.

Dengan GoDaddy, Anda dapat menambahkan sistem pesan dan pop-up untuk menarik perhatian pengunjung website Anda. Selain itu, Anda juga bisa membuat blog di halaman website dengan cepat. GoDaddy bahkan mengklaim bahwa sistem mereka dapat merancang halaman blog hanya dalam 19 menit saja. GoDaddy bisa menjadi website builder gratis yang sesuai jika Anda ingin segera memiliki website dengan cara yang mudah.

Baca Juga: Seberapa Penting Page Loading Speed Untuk Sebuah Website?

Kehadiran website builder memang sangat membantu. Platform tersebut menyediakan kemudahan, serta memiliki beragam fitur yang berguna. Namun jika Anda ingin mengembangkan website profesional dengan desain khusus untuk perusahaan, Anda dapat menggunakan jasa web developer yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk menemukan web developer terbaik di Indonesia, Anda dapat mengunjungi halaman Daftar Developer yang sudah kami sediakan.

Berita Seputar Web Developer

Tips & Tricks

7 Rekomendasi Aplikasi Chat Selain Whatsapp yang Bisa Anda Gunakan

Baca
Technology Information

Apa Pengertian Breadcrumbs? Mengapa Penting untuk SEO ?

Baca
Technology Information

Metode E-Learning untuk Belajar Bahasa Jepang Dasar 

Baca
Technology Information

Mengetahui Apa Perbedaan Google Indexing dan Crawling

Baca