Definisi Bootloop | Mobile Application Development | WDI Wiki

WDI WIki | Definisi Bootloop

Sebagai situs penyedia informasi antara para web developers dengan para pengguna yang membutuhkan web developer berkualitas. WDI turut serta membagikan informasi penting mengenai berbagai istilah-istilah yang sering digunakan oleh para web developer yang diberi nama WDI Wiki. Temukan istilah-istilah yang Anda butuhkan untuk mendukung komunikasi dengan para web developer.


Bootloop

Bootloop adalah keadaan dimana proses booting suatu handheld terhenti dan tidak dapat masuk ke homescreen. Masalah ini dapat terjadi pada semua perangkat Android. Penyebab masalah ini muncul bisa bermacam-macam, mulai dari karena proses rooting, upgrade OS Android yang gagal, custom ROM yang gagal ataupun corrupt, dan lain-lain. Namun sumber masalah bootloop biasanya bersumber dari kegagalan atau kesalahan ketika membuka atau memodifikasi sistem Android.

Ciri-ciri smartphone Anda terkenal bootloop adalah ketika smartphone Ada secara terus menerus mengalami booting atau hanya muncul tampilan logo saja. Masalah bootlop mempunyai 3 tipe yaitu :
  • 1. Android Light Bootloop
Adalah jenis bootlop yang paling ringan dan tidak terlalu sulit untuk penanganannya. Penyebabnya karena smartphone android terlalu kelebihan beban setelah digunakan untuk menginstall aplikasi, bermain game, dan lain-lain.

  • 2. Android Medium Bootloop
Penyebab masalah ini cukup variatif, salah satunya karena pengguna android ingin mencoba untuk mengubah sistem Android dengan cara masuk ke menu Recovery Mode. Menu ini merupakan suatu menu yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah dan gangguan yang terjadi di perangkat android. Namun banyak yang menyalah gunakan menu tersebut untuk melakukan rooting, menginstal script, dan lainnya. 

  • 3. Android Hard Bootloop
Merupakan masalah bootloop yang berat karena file sistem yang sudah tidak dapat berfungsi sama sekali. Penyebab hard bootloop bisa terjadi karena pengguna Android yang gagal melakukan upgrade sistem operasi Android, atau karena penggantian stock ROM yang menyebabkan proses booting menjadi tidak normal.

  • Untuk mengatasi masalah bootloop terdapat beberapa cara yang dapat digunakan, yaitu :
    • 1. Hapus cache sistem dengan cara menghapus file cache yang terdapat di sistem dan memori Android
    • 2. Wipe cache partition, yaitu dengan menghapus file cache pada partisi memori
    • 3. Wipe data / factory reset, cara ini dapat Anda lakukan untk mengatasi bootloop berat atau hard bootloop
    • 4. Flash ulang / flashing, sebelum melakukan metode ini, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda memiliki firmware atau stock ROM yang sesuai dengn tipe perangkat Android yang sedang Anda gunakan

Berita / Artikel Lihat Lainnya >

5 Cara Meningkatkan Domain Authority pada Sebuah Website

5 Cara Meningkatkan Domain Authority pada Sebuah Website

Lihat Berita

Friday, February 19 2021

clock 1 week, 2 days ago

Monday, October 05 2020

clock 4 months ago