WDI WIki | Definisi Clipper

Sebagai situs penyedia informasi antara para web developers dengan para pengguna yang membutuhkan web developer berkualitas. WDI turut serta membagikan informasi penting mengenai berbagai istilah-istilah yang sering digunakan oleh para web developer yang diberi nama WDI Wiki. Temukan istilah-istilah yang Anda butuhkan untuk mendukung komunikasi dengan para web developer.


Clipper

Kategori: Web

Clipper adalah bahasa pemrograman yang berada di bawah sistem operasi DOS dan ditujukan khusus untuk pembuatan program yang menangani masalah file dan database. Bahasa pemrograman ini pertama kali diperkenalkan oleh Nantucket pada tahun 1985, dan seiring berjalannya waktu bahasa pemrograman ini dijual kepada Computer Associates sebagai compiler untuk dBASE III yang sedang populer pada saat itu.


Clipper sering digunakan sebagai perangkat pembantu pada sistem operasi DOS, dimana pada pengembangannya turut mengadopsi berbagai elemen dari bahasa C dan pascal, terutama fitur yang berkaitan dengan Pemrograman Berorientasi OBjek, tipe data code-block, pengevaluasi string, serta berbagai fungsi pointer lainnya yang membuat clipper menjadi lebih tangguh dari saat pertama kali diperkenalkan.


Hingga saat ini, Clipper masih aktif digunakan dan diimplementasikan oleh berbagai organisasi dan vendor. Bahasa pemrograman ini juga telah mendukung beragam sistem operasi, seperti Windows, Linux, Unix, serta OS X.


Berita / Artikel tentang Web Development

Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh UX Design

Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh UX Design

Wednesday, June 02 2021 / 1 week, 4 days ago

Wednesday, June 02 2021 / 1 week, 4 days ago

Thursday, May 27 2021 / 2 weeks, 3 days ago

Silakan isi formulir dibawah ini untuk memberikan pertanyaan