WDI WIki | Definisi COBOL

Sebagai situs penyedia informasi antara para web developers dengan para pengguna yang membutuhkan web developer berkualitas. WDI turut serta membagikan informasi penting mengenai berbagai istilah-istilah yang sering digunakan oleh para web developer yang diberi nama WDI Wiki. Temukan istilah-istilah yang Anda butuhkan untuk mendukung komunikasi dengan para web developer.


COBOL

Kategori: Web

COBOL merupakan akronim dari â??common business oriented languageâ? yang merupakan bahasa pemrograman untuk komputer mainframe yang dirancang khusus untuk menangani aplikasi bisnis serta pemrosesan data. 


Bahasa pemrograman COBOL tergolong ke dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi karena mempunyai statement atau perintah yang mirip seperti bahasa manusia sehari-hari, yaitu bahasa Inggris atau lebih dikenal dengan English-like.


Bahasa pemrograman ini dibuat dengan tujuan agar dalam merancang sebuah program dapat dilakukan self-documenting sehingga mudah dibaca. 


Bahasa ini pertama kali didesain pada tahun 1959 oleh CODASYL (Conference on Data System Language), dimana basisnya berasal dari bahasa pemrograman sebelumnya yang dirancang oleh Grace Hopper, yang dijuluki sebagai â??the grandmother of COBOLâ?. Meski begitu, bahasa pemrograman ini tergolong ke dalam bahasa pemrograman lama namun masih dapat digunakan hingga saat ini.


Fungsi COBOL:

  • Identification division, yaitu untuk mengidentifikasi pembuatan program, tanggal pembuatan, nama program, tanggal kompilasi, hingga keterangan lain terkait info mengenai pembuatan program.

  • Environment Division, yaitu untuk menampilkan informasi mengenai keadaan komputer yang digunakan serta perangkat lain yang berkaitan.

  • Data Division, yang berfungsi untuk menampilkan informasi tentang format dan jenis data apa saja yang digunakan pada program terkait.

  • Procedure Division, berfungsi untuk memuat prosedur pemrosesan data input yang tampak pada data division untuk menghasilkan sebuah output.

Berita / Artikel tentang Web Development

Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh UX Design

Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh UX Design

Wednesday, June 02 2021 / 1 week, 4 days ago

Wednesday, June 02 2021 / 1 week, 4 days ago

Thursday, May 27 2021 / 2 weeks, 3 days ago

Silakan isi formulir dibawah ini untuk memberikan pertanyaan