WDI Wiki | WDI

Above The Fold

Content yang terlihat oleh user saat pertama kali membuka website atau app tanpa user harus scroll ke bawah. Pada umumnya ukuran standar yang digunakan jika dilihat dari gambar yang diberikan oleh Google adalah ukuran layar notebook.


Di dalam sebuah landing page terdapat 2 bagian page fold ( pembatas landing page), yaitu Above The Fold dan Below The Fold. Above The Fold terletak di atas pembatas, sedangkan Below The Fold terletak di bawah pembatas.


Above The Fold ini yang bertugas untuk menahan perhatian user saat pertama kali membuka halaman website. Sehingga isi content Above The Fold akan berisi dengan gambar atau tulisan yang bisa menarik perhatian user. Pemilik website biasanya akan menaruh iklan produk ataupun jasa pada bagian ini.


Saat melakukan pemasangan iklan adsense, sebaiknya tidak meletakkan seluruh iklan pada Above The Fold yang dapat menyebabkan isi artikel terdorong ke bawah. Sebaiknya meletakkan iklan Above The Fold pada sisi kiri atau sisi kanan sehingga tetap dapat dilihat oleh para pengunjung.


Istilah ini pada umumnya juga digunakan untuk menampilkan informasi agar tampak lebih jelas atau lebih tinggi prioritasnya. Bahkan terkadang digunakan dalam pengembangan web sebagai rujukan dari berbagai halaman web yang terlihat tanpa menggulirkan halaman.


Istilah Above The Fold juga digunakan saat mendesain situs web. Fungsinya adalah untuk merujuk ke suatu bagian halaman web yang terlihat tanpa menggulirkan halaman terlebih dahulu. Sebab, ukuran layar dapat berubah secara drastis lantaran resolusi layar yang berbeda-beda dari setiap device yang digunakan oleh user. Namun, hal yang paling rumit adalah menyesuaikan tata letak gambar atau objek berdasarkan ukuran jendela browser sehingga nampak sebagai fitur statis dari halaman website tersebut.


Peletakan iklan ataupun informasi dibagian Above The Fold dinilai lebih efektif karena berdasarkan penelitian yang dilakukan, kebanyakan para pengunjung akan mengklik banyak content yang berada pada Above The Fold atau bagian atas page fold dari pada halaman setelahnya.