WDI Wiki | WDI

Adobe Photoshop

Perangkat lunak aplikasi yang digunakan untuk mengolah data berupa gambar, foto, dan grafis demi kebutuhan printing dan desain grafis. Aplikasi perangkat lunak ini merupakan salah satu perangkat lunak editor yang berasal dari Adobe Systems. Photoshop mampu mengolah gambar dengan basis BITMAP, yang dilengkapi dengan beragam tool dan efek yang lengkap . 


Dengan sistem pengoperasian yang mudah serta kelengkapan fitur yang disediakan, dapat menjadikan Photoshop sebagai salah satu software yang bisa diandalakan oleh para desain grafis. Kelebihan lain yang dimiliki Photoshop adalah kemampuannya untuk membaca gambar ataupun file dengan format raster seperti .png , .gif, .jpeg, dan lain-lain. Selain itu photoshop juga memiliki format file yang sangat khas yakni:

  • 1.    PSD (Photoshop document)
  • 2.    PSB adalah versi terbaru dari PSD yang dirancang untuk file diatas 2GB
  • 3.    PDD merupakan versi lain dari PSD yang hanya dapat mendukung perangkat lunak photoshop deluxe

Adobe Photoshop pada umumnya juga digunakan oleh para fotografer digital dan perusahan iklan karena mempunyai beberapa fitur yang mudah untuk dipahami serta mampu mensupport beberapa file dan bekerja secara maksimal. Adobed Photoshop sendiri mengkhususkan dirinya sebagai perangkat lunak yang biasanya digunakan untuk melakukan editing gambar menggunakan format BITMAP. Photoshop seringkali digunakan oleh para fotografer karena foto merupakan salah satu gambar yang menggunakan format BITMAP dan saat ini Photoshop merupakan perangkat lunak terbaik yang ada dikelasnya.


Selain dirancang untuk menyunting gambar, saat ini Photoshop juga digunakan untuk memproduksi gambar untuk World Wide Web atau Website. Photoshop juga memiliki hubungan erat dengan beberapa perangkat lunak penyunting animasi, media dan authoring buatan adobe lainnya. Untuk format asli photoshop dapat diekspor dari image ready, adobe premiere pro, adobe illustrator dan adobe encore DVD yang biasa digunakan untuk pembuatan DVD profesional. Adobe Photoshop juga dapat menerima penggunaan beberapa model warna seperti, RGB color model, Lab color model, CYMK color model, Grayscale, Bitmap dan duotone.


Seiring berkembangnya zaman photoshop mengalami perubahan nama dan logo. Terdapat 7 jenis versi baru dari photoshop, yaitu:

  • 1.    Adobe Photoshop CS (Creative  Suite)
  • 2.    Adobe Photoshop CS2-CS6
  • 3.    Adobe Photoshop CC (Creative Cloud)

Adobe Photoshop tersedia untuk Mac OS X, dan Mac OS dan Microsoft Windows. Untuk versi 9 ke atas dapat digunakan sistem operasi  seperti Linux dengan bantuan seperti Cross Over. 


Sama halnya dengan software lain, Photoshop juga mempunyai kelemahan, yaitu banyak layer yang digunakan sehingga terkadang bisa membuat bingung penggunanya. Selain itu, semakin banyak layer yang digunakan, atau semakin canggih proses editing yang dilakukan maka hasil file yang dihasilkan juga akan menjadi besar.