WDI Wiki | WDI

WDI Wiki

Sebagai situs penyedia informasi antara para web developers dengan para pengguna yang membutuhkan web developer berkualitas. WDI turut serta membagikan informasi penting mengenai berbagai istilah-istilah yang sering digunakan oleh para web developer yang diberi nama WDI Wiki. Temukan istilah-istilah yang Anda butuhkan untuk mendukung komunikasi dengan para web developer.


AIDA (Attention, Interest, Desire, Action)

Kategori: Digital Marketing

AIDA merupakan salah satu prinsip dasar dalam pemasaran dan periklanan modern sebagai tahapan yang harus diingat dalam proses penjualan sebuah produk atau jasa. Menurut model ini, alat promosi harus menarik perhatian (Attention), mendapatkan serta mendorong minat atau ketertarikan (Interest), membangkitkan keinginan atau niat (Desire), dan menghasilkan tindakan atau aksi (Action).


AIDA juga dapat digunakan untuk email marketing, content marketing, hingga kampanye sales-lead-generation, baik Business to Business (B2B) maupun Business to Customer (B2C) pada berbagai media, baik offline maupun online.


  • Attention

Yaitu tahap dimana Anda harus bisa membuat para pelanggan  menaruh perhatian terhadapat produk atau jasa yang Anda jual. Anda dapat memulai untuk segera memasarkan serta memberitahukan kepada para pelanggan Anda mengenai produk yang sedang Anda tawarkan. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar produk yang Anda buat dapat dikenal oleh pelanggan. Saat ini, Anda dapat melakukan promosi melalui website, sosial media atau berbagai media elektronik lainnya.


  • Interest

Mempunyai arti ketertarikan. Yaitu tahap dimana para pelanggan mulai tertarik dan ingin mempelajari produk atau jasa Anda. Pada tahap ini para pelanggan yang tertarik tentunya akan bertanya lebih jauh mengenai produk yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda segera memberikan informasi yang bermanfaat tentang keunggulan produk tersebut.


  • Desire

Desire merupakan tahapan dimana para pembeli sudah mulai tertarik untuk membeli produk Anda namun masih ragu-ragu akibat adanya pesaing atau masalah harga. Karena itu, Anda perlu meyakinkan pelanggan Anda bahwa produk yang Anda tawarkan mempunyai manfaat yang lebih daripada para pesaing Anda, atau Anda juga dapat memberikan penawaran khusus apabila pelanggan Anda membeli pada hari tersebut.


  • Action

Tahap ini merupakan tahap terakhir dimana pelanggan akhirnya melakukan pembelian terhadap produk yang Anda tawarkan. Setelah pelanggan merasa yakin dan memutuskan untuk membeli produk Anda, sebaiknya Anda terus menjaga hubungan dengan pelanggan Anda tersebut. Sebab, tidak menutup kemungkinan, pelanggan Anda akan membeli produk Anda lagi. Karena itu, berikan pelayanan yang terbaik agar pelanggan Anda tetap senang dan puas dengan pelayanan yang Anda berikan.


Berita / Artikel Lihat Lainnya >

Apakah Aplikasi Signal Benar-benar Aman? Yuk Kenali Fitur-Fiturnya!

Apakah Aplikasi Signal Benar-benar Aman? Yuk Kenali Fitur-Fiturnya!

Lihat Berita

Monday, October 05 2020

clock 3 months ago