WDI Wiki | WDI

ADB (Android Debug Bridge) Tools

ADB atau Android Debug Bridge adalah alat yang disediakan oleh pengembang android dari Google untuk mempermudah mengelola perangkat android atau Emulator Android. ADB datang sebagai bagian dari android SDK yang terdiri dari klien, daemon, dan server yang dapat Anda download di website developer Google.


ADB diperuntukkan bagi para developer dalam mengembangkan android serta mengakses sistem android melalui Command Line seperti CMD yang terdapat pada Windows. Dengan tampilan command line yang simple , ADB dapat membantu developer untuk mengolah serta mengedit sistem android melalui komputer. Pada dasarnya, Android Debug Bridge akan menyediakan antarmuka berbasis terminal yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan sistem file pada perangkat Anda. Karena android berbasis Linux, maka command-line satu-satunya cara untuk memanipulasi akses root. 


Fungsi lainnya adalah ketika perangkat android tidak dapat diakses karena mengalami masalah softbrick, hardbrick, hang/bootloops, atau masalah android lainnya, Anda masih bisa menggunakan ADB untuk membantu menset-up perangkat Anda mulai dari Reboot Bootloader/Recovery, meng-install aplikasi, sampai bisa memformat ulang. Melalui komputer, ADB akan membantu Anda melakukan perbaikan dan recovery sehingga smartphone android bisa kembali Anda gunakan.


Sebenarnya hal ini bisa dilakukan secara langsung pada perangkat android sendiri menggunakan terminal emulator, tetapi pasti Anda akan kesulitan mengeksekusi perintah komplek pada layar yang kecil. ADB ini bisa menjadi sebuah jembatan antar perangkat android Anda dan komputer.


Untuk menggunakannya, Anda harus mendownload terlebih dahulu sistem tools ini. Setelah berhasil Anda download, Anda dapat menginstal ADB di perangkat yang Anda gunakan. Saat ini ADB tersedia untuk Windows, Mac, dan Linux. Kemudian untuk memastikan bawhwa perangkat android Anda telah terhubung dengan komputer, Anda bisa melakukan cek terlebih dahulu. Anda bisa membuka ADB melalui command / terminal dan masukkan perintah "adb devices" kemudian enter, setelah itu masukan lagi perintah "adb shell" dan enter. Jika komputer sudah mampu mendeteksi android Anda, maka akan muncul informasi nama device yang sudah terhubung.