WDI Wiki | WDI

Android Market

Android Market pertama kali direlease pada tahun 2008 sebagai tempat untuk mendownload beragam aplikasi atau game dengan sistem yang berbasis android. Pada umumnya, aplikasi ini sudah secara otomatis terinstal pada smartphone Android. Sehingga jika Anda ingin menggunakannya melalui ponsel maka Anda dapat langsung mengaksesnya tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu.


Sejak tahun 2012 Android Market memutuskan untuk berubah nama menjadi Google Play. Keputusan ini diambil karena Google ingin menggabungkan semua toko ke dalam satu platform yaitu Google Playstore. Perlu diketahui, bahwa sebelumnya pengguna android jika ingin mendapatkan aplikasi, game, film harus mendownload melalui Android Market, musik melalui Google Music, sedangkan buku-buku elektronik melalui Google eBookstore.

Android Market atau Google Playstore menyediakan beragam jenis aplikasi gratis yang bisa anda gunakan. Sedangkan untuk aplikasi berbayar, para developer memberikan kebebasan penggunanya untuk dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi tersebut, namun terdapat fitur tertentu di dalam aplikasi yang baru bisa digunakan setelah anda membayar. Di dalam Google Playstore terdapat detail informasi mengenai aplikasi-aplikasi yang disediakan. Bahkan untuk kolom games terdapat trailer berupa video singkat games tersebut.


Aplikasi yang ada di dalamnya juga memiliki sistem open source yang berarti setiap orang bisa melakukan pengembangan terhadap suatu aplikasi. Jadi tidak menutup kemungkinan bahwa setiap 3 hari sekali akan ada update dari aplikasi yang telah anda download di Android Market. Untuk memudahkan pengguna ketika mencari aplikasi yang baik, Google Playstore menyediakan kolom bintang dan komen yang bisa diisi oleh orang-orang yang telah mengunduh aplikasi tersebut. Anda juga bisa meminta bantuan dari google engine untuk mengetahui aplikasi apa saja yang menjadi favorite para pengguna android. Namun jika anda ingin melihat aplikasi favorit yang ada, Anda bisa langsung melihatnya dalam kolom Editor's Choice. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui beragam informasi yang disertai dengan alasan mengapa aplikasi-aplikasi tersebut berhasil menjadi aplikasi terbaik pilihan editor / Editor's Choice.