WDI Wiki | WDI

Android SDK

SDK merupakan singkatan dari Software Development Kit, yaitu sebuah tools yang digunakan oleh para programmer untuk mengembangkan aplikasi berbasis google android. Tools ini mencakup seperangkat alat pengembangan komprehensif dan terdiri dari debugger, libraries, emulator, handset, dokumentasi yang relevan, contoh kode dan juga tutorial untuk OS android.

Setiap Google meluncurkan android versi terbaru, maka SDK yang sesuai juga akan dirilis. Agar bisa menulis program dengan fitur terbaru, pengembang juga harus menyesuaikan dengan mendownload serta menginstal SDK versi tersebut.

Pengembangan platform yang kompatible dengan SDK adalah sistem operasi Windows yaitu XP dan yang lebih baru, Linux, Mac OS X atau yang lebih baru. Komponen-komponen yang terdapat dalam Android SDK dapat Anda download secara terpisah. Add-ons dari pihak ketiga juga bisa anda download sendiri.Persyaratannya mencakup JDK, Apache Ant, dan Python 2.2 atau sistem yang lebih baru. 

Walaupun Android SDK bisa anda gunakan untuk membuat program Android melalui command prompt, metode yang paling sering digunakan adalah dengan menggunakan lingkungan pengembangan terintegrasi atau Integrated Development Enviroment ( IDE ) . IDE yang didukung secara resmi atau yang disarankan adalah Eclipse dengan plugin Android Development Tools ( ADT).  Meskipun demikian IDE lain seperti NetBeans atau Intellij juga masih bisa anda gunakan. Melalui IDE tersebut, para pengembang dapat melakukan tugas-tugas development yang lebih cepat.