WDI Wiki | WDI

AOSP (Android Open Source Project)

AOSP merupakan singkatan dari Android Source Project, yaitu versi dari open source code Android yang dikembangkan oleh Google. Source code ( sumber kode ) tersebut dari dan untuk sistem android yang bisa diunduh secara bebas oleh siapapun. Sumber kode tersebut nantinya akan digunakan dan dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Proyek AOSP ini menawarkan informasi dan sumber kode yang dibutuhkan untuk membuat sistem perangkat khusus dari berbagai jenis android, port perangkat, dan aksesori android. Selain itu juga memastikan bahwa perangkat tersebut tetap memenuhi persyaratan kompatibilitas dari Google.

Dengan menggunakan rom AOSP maka Anda akan mendapatkan sebuah OS Android murni tanpa tambahan fitur. Pihak ketiga atau vendor smartphone dan komputer dengan sistem yang berbasis android, biasanya akan  mengunduh dan melakukan modifikasi terhadap AOSP Android tersebut. Mereka bisa melakukan modifikasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing tanpa harus mengikuti standar dari aplikasi Google. Selain itu, karena sifatnya yang terbuka, maka vendor juga bisa dengan bebas memberikan nama sesuai dengan keinginannya.

Dari beragam modifikasi yang telah dilakukan maka Anda akan melihat beragam tampilan menu atau fitur yang berbeda-beda di setiap smartphone meski semuanya berbasis Android. Proyek AOSP ini yang menjadi dasar terciptanya custom ROM dan dasar bagi para pengembangnya. Beberapa contoh custom ROM yang dihasilkan seperti MIUI, TouchWiz, ColorOS dan CyanogenMod berasal dari sumber yang sama yaitu AOSP Android.

Salah satu keuntungan yang akan Anda dapat jika menggunakan custom ROM adalah kemampuannya dalam meningkatkan kinerja perangkat Anda. Namun custom ROM ini juga bisa menghilangkan semua sistem dan aplikasi bawaan yang berasal dari produsen, seperti tema, aplikasi dan lain-lain.