WDI Wiki | WDI

.apk

Ekstensi file untuk aplikasi Android Apps, Singkatannya adalah “applicari ons” atau aplikasi. Program yang didownload dan dijalankan dihandheld Anda. Program ini biasanya gratis namun ada juga yang berbayar. 

APK merupakan singkatan dari Android Application Package, yaitu suatu paket file yang difungsikan untuk dapat mendistribusikan suatu file menjadi satu kesatuan untuk keperluan instalasi program atau aplikasi di sistem operasi Android. Pada dasarnya, .apk merupakan file arsip yang berisi komponen yang digunakan untuk menginstal aplikasi. Meskipun saat ini OS Android sudah dilengkapi dengan built-in APK installer, namun masih banyak pengguna yang ingin menginstal aplikasi langsung melalui file .apk ini. 

File .apk ibarat .Msi seperti milik Microsoft windows atau Deb package seperti milik operasi linux ubuntu. Kebanyakan orang salah mengartikan file dengan ekstensi belakang ‘.apk’ seperti ‘.exe’ atau execute program yang umumnya terdapat di sistem operasi windows. Padahal, .apk pada Android ibarat sebuah kardus yang berisikan peralatan untuk keperluan instalasi.

File .apk berisi format file yang nantinya akan anda gunakan untuk menginstal software atau aplikasi pada sistem Android. Jadi, jika terdapat satu file atau peralatan saja yang tidak ada pada paket tersebut, maka dapat dipastikan aplikasi akan gagal untuk diinstall ke dalam sistem android. Jadi, .apk merupakan sekumpulan file yang telah di-compile menjadi satu demi keperluan instalasi aplikasi.

Anda bisa menemukan banyak file .apk di internet, namun selalu pastikan bahwa anda mendapatkannya dari sumber situs yang terpercaya serta memiliki reputasi yang baik. Untuk keamanan, sebaiknya anda juga melakukan pengecekan untuk menghindari terjadinya serangan virus ataupun malware di dalam file tersebut.

Untuk proses instal di Android ada beberapa step yang harus anda perhatikan, yaitu anda harus memastikan bahwa perangkat android anda memperbolehkan aplikasi dari pihak ketiga. Caranya, anda masuk ke security di pengaturan dan berikan tanda check pada bagian "Unknown Sources". Setelah pengaturan selesai anda ubah, file .apk bisa langsung anda instal di perangkat android anda.