WDI Wiki | WDI

A (Auto)

Merupakan sebuah kata sandi untuk pilihan fasilitas otomatis dan termasuk ke dalam 5 mode eksposur utama pada sebuah kamera. Dimana pada mode ini, program akan memegang kendali secara penuh pada pengaturan inti kamera, termasuk mengatur eksposur secara “auto” atau otomatis serta pada beberapa pengaturan penting lainnya, dimana seluruhnya akan dikendalikan oleh program.  Mode ini bisa Anda andalkan untuk mengambil gambar tanpa harus mengatur setting kamera yang rumit. Selain mode A, terdapat mode-mode lain dalam penggunaan kamera, seperti mode AF , S, P, M.

Mode auto ini dibuat untuk mempermudah siapapun untuk memotret objek yang diinginkan. Dalam mode Auto seluruh setting dilakukan secara otomatis, sehingga pengaturan ISO, white balance, fokus, dan lain-lain dilakukan secara otomatis namun tetap dengan hasil gambar yang optimal. Mode ini terbilang praktis dan sangat cocok bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan kamera. Sebab, dengan mode ini Anda tidak harus memiliki pengetahuan mengenai dasar eksposur dan Anda dapat langsung memotret semua menggunakan kamera ponsel dengan resiko kegagalan secara teknis yang minim . 

Keuntungan lain jika menggunakan mode auto adalah, anda bisa mengambil gambar untuk suatu kejadian secara spontan atau dalam waktu yang singkat tanpa harus mengatur tampilan gambar secara manual. Mode auto ini memang dapat Anda andalkan jika anda ingin menyerahkan beragam setting kamera secara otomatis.

Meski mode Auto ini memiliki banyak kelebihan, mode ini juga memiliki kelemahan seperti mode yang lain, yaitu pengaturan kamera akan seluruhnya dikendalikan oleh program dan bukan sesuai dengan keinginan pengguna kamera. Hal ini tentu menyebabkan terkadang hasil gambar yang kita ambil akan melenceng atau tidak sesuai dengan apa yang kita harapan karena dalam mode auto ini kamera sudah menentukan semua setting. Hasil gambar yang diambil kadang juga akan terlihat terlalu terang atau mungkin sedikit gelap, karena setting sudah dibuat otomatis sedang selera orang berbeda-beda. Beda halnya dengan setting manual dimana fotografer bisa mengatur hasil sesuai dengan yang dia diinginkan.