WDI Wiki | WDI

Al Servo AF

Al servo AF merupakan salah satu mode dari beberapa pilihan foto yang menyarankan pilihan autofocus pada kamera yang digunakan. Mode autofocus AI servo AF ini diperuntukkan ketika Anda ingin memotret objek-objek yang bergerak, seperti memotret orang yang sedang berlari, balap mobil, balap motor, balap sepeda dan lain-lain. Dengan menggunakan mode autofocus, objek yang Anda ambil akan menghasilkan sebuah gambar yang terlihat lebih jelas dan tajam. Biasanya kode ini dapat Anda temukan pada kamera Canon. Sedangkan pada kamera Nikon, Anda akan menemukan mode ini dengan nama Continous AF atau AF-C.


Selain mode Al servo AF, autofocus juga mempunyai mode lain yang bisa Anda gunakan yaitu :

1. Mode Al Focus atau AF-A untuk mengambil gambar dengan subjek yang pergerakannya tidak dapat diprediksi.

2. Mode One Shoot atau AF-S (Single Shot) untuk mengambil gambar dengan subjek yang tidak bergerak atau diam.


Anda bisa menggunakan mode autofocus ini sesuai dengan kebutuhan subjek yang akan Anda ambil. Pastikan Anda memilih mode yang tepat agar gambar atau foto yang dihasilkan bisa tetap tajam dan konsisten.


Ketika Anda menggunakan mode fokus Al Servo, pada saat Anda menekan shutter setengah atau half pressed maka kamera akan secara otomatis mencari fokus terhadap subjek yang bergerak . Sehingga Anda akan dengan mudah mendapatkan serta menentukan titik fokus meskipun subjek yang Anda ambil sedang bergerak. Kamera akan mempredikasi gerakan subjek dan memindahkan titik fokus dengan baik. Jika subjek yang Anda foto bergerak dengan sangat cepat, maka gambar yang dihasilkan akan menimbulkan efek background kabur yang terarah / motion blur.


Intinya adalah Anda akan dapat dengan mudah mendapatkan titik fokus terhadap suatu subjek meskipun subjek dalam keadaan bergerak secara otomatis tanpa kehilangan titik fokus yang akhirnya membuat hasil foto tersebut tetap tajam. Pada mode ini, jika kamera yang Anda gunakan semakin canggih, maka tingkat akurat trackingnya pun juga akan semakin bagus.