WDI Wiki | WDI

Angle Of View

Angle of view memiliki arti sebagai sudut pandang, sudut pemotretan, atau cara melihat dan mengambil objek yang akan difoto. Pengertian Angle of view disini lebih berkaitan dengan besarnya sudut pandang yang bisa ditangkap dan dihasilkan oleh sebuah lensa kamera, dan diukur dalam satuan derajat.

Angle of view ini merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh fotografer ketika akan mengambil gambar, karena sudut pandang akan mempengaruhi kesan yang dihasilkan dalam sebuah gambar atau foto. Sebagai contoh, ketika anda menggunakan lensa fish eye untuk mengambil objek foto maka sudut pandangnya akan menjadi luas yaitu 180 derajat, sehingga Anda bisa mendapatkan seluruh objek dari bagian depan dan juga dibagian sisinya. Contoh lainnya yaitu pada lensa focal length 200mm yang akan menghasilkan gambar atau foto yang jauh lebih sempit yaitu 12,3 derajat.

Para produsen kamera saat ini telah mengeluarkan informasi mengenai angle of view pada lensa yang mereka jual. Hal ini untuk memudahkan para fotografer untuk mengetahui mengenai seberapa luas lensa kamera yang akan digunakan untuk menjangkau pandangan.