WDI Wiki | WDI

Aperture Priority Auto Exposure (A)

Pencahayaan otomatis prioritas bukaan aperture atau diafragma. Jika bukaan diafragma diatur terlebih dahulu, kecepatan rana akan bekerja secara otomatis. Kamera akan mengatur shutter speed untuk hasil yang optimal. Mode ini biasa digunakan untuk mengkaburkan background ataupun untuk membuat objek menjadi lebih fokus. Mode ini biasanya disimbolkan dengan huruf A atau Av di tombol kamera.

Pada mode Aperture priority auto exposure (A) ini, kamera memberi kesempatan kepada Anda untuk mengontrol nilai aperture yang akan dibuat. Sementara itu, kamera akan menghitung dan menentukan nilai shutter speed. Mode ini bisa Anda gunakan ketika Anda ingin mengontrol secara penuh objek secara tajam atau depth of field. Yaitu ketika Anda ingin menentukan area dengan efek blur.

Depth of field ( DOF ) merupakan ukuran seberapa jauh bidang fokus dalam foto. Dengan DOF yang sempit atau shallow maka bagian objek pada titik tertentu saja yang akan tajam sementara sisanya akan menjadi blur. DOF ini dapat Anda manfaatkan ketika Anda ingin menentukan area mana yang akan Anda buat terlihat tajam dan area mana yang akan dibuat dengan efek blur.

Selain digunakan untuk mengambil foto objek dengan efek bokeh, mode Aperture priority auto exposure (A) juga banyak digunakan untuk mengambil foto landscape. Biasanya, foto landscape yang baik akan memiliki elemen foreground yang baik ( area yang dekat dengan lensa ) serta elemen background yang kuat ( area foto yang jauh dengan lensa ). Untuk memastikan foreground dan background dapat tertangkap dengan tajam, maka Anda bisa menggunakan mode aperture priority dan menyetel posisi bukaan lensa yang kecil. Mode ini juga bisa Anda gunakan untuk memotret foto panorama agar pengambilan bidang tetap konsisten dari satu foto ke foto lain.

Kelebihan dari mode Aperture priority auto exposure (A) ini adalah, ruang tajam yang Anda inginkan bisa benar-benar dieksekusi oleh kamera. Berbeda dengan kamera pada mode program atau mode auto yang mengambil alih nilai aperture, sehingga ruang tajam kadang tidak sesuai dengan yang diharapkan.