WDI Wiki | WDI

Artificial Light

Artificial light merupakan cahaya yang sengaja dibuat atau diciptakan oleh manusia untuk keperluan fotografi, yaitu seperti lampu kilat, lampu studio, api dan lain-lain. Dalam fotografi cahaya juga menjadi salah satu bagian yang nantinya akan menentukan hasil gambar yang diambil. Untuk kebutuhan pencahayaan ketika mengambil gambar, fotografer biasanya akan memanfaatkan kondisi penerangan yang ada di lokasi seperti cahaya lampu jalan, lampu taman, dan lain-lain. Fungsi artificial light ini akan menambahkan intensitas cahaya yang dibutuhkan untuk proses pengambilan gambar objek foto. Jenis cahaya ini mampu menghasilkan intensitas yang baik sesuai dengan keinginan fotografer. 

Membuat artificial light dalam fotografi tidak harus selalu menggunakan lampu studio, anda juga bisa menggunakan cara strobist yaitu teknik bermain cahaya dengan menggunakan cahaya buatan dari lampu flash atau lampu kilat. Lampu flash yang anda gunakan tidak terpasang langsung pada kamera, tetapi digunakan seperti lampu biasa. Fotografer biasanya melakukan teknik ini dengan menggunakan kamera SLR atau DSLR, dan biasanya menggunakan lebih dari 1 lampu flash.

Selain artificial light, terdapat sumber cahaya lain dalam fotografi yaitu :

  • Available Light

Merupakan sumber cahaya dari cahaya yang telah tersedia di lingkungan sekitar anda, dan kita tidak bisa mengatur jumlah intensitas besar-kecilnya serta arah penyinaran cahaya tersebut. Sebagai contoh, matahari, lampu jalan, lampu panggung dan lain-lain. Sumber cahaya ini juga bisa disebut sebagai Ambient Light

  • Mix Light

Untuk mendapatkan hasil gambar yang unik atau berbeda dari biasanya, fotografer terkadang menggabungkan 2 jenis sumber cahaya antara available light dengan artificial light. Seperti ketika menggabungkan cahaya dari sinar matahari dengan lampu ruangan, atau ketika menggunakan lampu kilat dibawah lampu kota. 

Jika anda memilih untuk menggunakan jenis cahaya buatan atau artificial light, anda akan mendapatkan keuntungan yaitu cahaya yang stabil serta pemilihan warna yang lebih bervariasi. Pencahayaan dalam artificial light dibedakan menjadi 2 tipe, yaitu :

  • 1. Continuous Source, yaitu sumber cahaya buatan yang terus menerus menyala, seperti lampu studio.
  • 2. Uncontinuous Source, yaitu sumber cahaya yang hanya menyala sesaat ketika pemotretan, seperti lampu flash atau blitz.