WDI WIki | Definisi CCD (Charge Couple Device)

Sebagai situs penyedia informasi antara para web developers dengan para pengguna yang membutuhkan web developer berkualitas. WDI turut serta membagikan informasi penting mengenai berbagai istilah-istilah yang sering digunakan oleh para web developer yang diberi nama WDI Wiki. Temukan istilah-istilah yang Anda butuhkan untuk mendukung komunikasi dengan para web developer.


CCD (Charge Couple Device)

Charge Couple Device adalah chip pengganti film yang digunakan pada kamera digital untuk merekam gambar (citra).CCD sendiri termasuk ke dalam sensor gambar atau sensor pencitraan yang berfungsi untuk mendeteksi dan menyampaikan informasi berupa gambar. Beberapa sensor tersebut melakukannya dengan cara mengubah gelombang atenuasi variabel menjadi sebuah sinyal.


CCD sendiri terdiri dari beberapa lapisan filter yang berfungsi untuk membagi spektrum warna menjadi beberapa warna, seperti merah, hijau, atau biru agar dapat diproses secara digital oleh kamera.


Terdapat dua macam jenis CCD saat ini, yaitu CCD yang digunakan dalam scanner datar, dan CCD yang digunakan dalam camcorders. 


Cara Kerja CCD:

  • Lensa menerima cahaya dan meneruskannya ke CCD

  • Setelah itu, fotodioda pada CCD akan merespon cahaya yang mengenainya. Selanjutnya cahaya ters

  • ebut akan direspon oleh fotodioda dengan menghasilkan muatan sesuai dengan spektrum warna yang telah diterimanya.

  • Muatan tersebut nantinya akan ditransfer ke kapasitor dimana setiap kapasitor akan mentransfer muatan listrik dari satu ke yang lainnya.

  • Muatan listrik tersebut akan masuk ke analog signal chain dan selanjutnya akan diolah di ADC. Meski begitu, seluruh proses ini akan dikontrol oleh sebuah clock signal.

Berita / Artikel tentang Web Development

Manfaat dan Fitur React JS Pada Sebuah Website atau Aplikasi

Manfaat dan Fitur React JS Pada Sebuah Website atau Aplikasi

Tuesday, November 30 2021 / 2 days, 5 hours ago

Wednesday, November 24 2021 / 1 week, 1 day ago

Silakan isi formulir dibawah ini untuk memberikan pertanyaan