WDI Wiki | WDI

Adobe PageMaker

Perangkat lunak aplikasi yang berfungsi untuk mengolah data demi kebutuhan pembuatan desain layout buku, cover majalah, koran, dan lain-lain. Adobe Pagemaker mampu mengatur tata letak materi yang akan dipublikasi baik cetak maupun non cetak. 


Pada umumnya, aplikasi ini digunakan oleh jenis usaha settingan komputer untuk membantu keperluan pembuatan kartu undangan, kartu nama, kop surat, kartu ucapan dan lain-lain. Objek yang diatur dapat berupa teks, gambar ataupun foto yang sudah diolah menggunakan aplikasi lain, karena fasilitas Adoba Pagemaker untuk pengolahan foto dan gambar yang masih minim.


Adobe PageMaker mempunyai kemampuan yang lebih, terutama dalam hal pengaturan halaman serta layout pembuatan buku. Dengan program ini, Anda tidak akan kesulitan untuk menyusun atau menggabungkan halaman buku. Secara otomatis Adobe PageMaker akan menampilkan pasangan halaman secara berurutan. Anda juga bisa menambahkan tulisan atau memanfaatkan fitur-fitur lain yang terdapat dalam Adobe Pagemaker untuk membuat tampilan buku dan design yang Anda buat menjadi lebih menarik.


Perangkat Adobe PageMaker ini hanya dapat digunakan dengan teks yang mempunyai format TXT atau RTF. Karena itu, dibutuhkan program pengolah kata yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan file dengan format .TXT atau .RTF.


Aplikasi PageMaker ternyata juga berhubungan dengan program aplikasi desain grafis lainnya, termasuk untuk mengedit teks menggunakan story editor atau Anda juga dapat melakukannya dengan mendouble klik dan mengimpornya ke dalam bentuk file PDF. Anda juga mampu menggabungkan data yang sudah dibuat dengan program spreadsheet atau database lain untuk dimerge dengan template yang ada di Adobe Pagemaker.


Adobe PageMaker memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah kelebihan dari Adobe PageMaker: 1. Dapat menggabungkan file yang dibuat program lain. 2. Mampu mengelolah naskah panjang yang yang berasal dari berbagai sumber. 3. Mampu membuat publikasi panjang yang berisi foto, gambar dan objek lain. Selain itu adobe pagemaker sudah biasa digunakan di dunia percetakan. 4. Mampu mengimpor file PDF yang dibuat dari program lain 5. Mampu menyimpan publikasi dalam format HTML untuk di uplink ke internet. 6. Dapat melakukan pengaturan standar dan tidak dapat dilakukan oleh aplikasi lainnya. Pengaturan tersebut berupa leading, learning, dan tracking. 7. Dapat menggabungkan file spreadsheet atau database untuk dimerge dengan template Adobe Pagemaker. 8. Dapat memperbarui objek yang dibuat aplikasi lain.

Jika kita membahas suatu kelebihan yang ada pada sebuah aplikasi atau fitur, maka terdapat pula kelemahan yang ada di aplikasi Adobe Pagemaker ini. Berikut adalah kelemahan yang ada di Adobe Pagemaker : 1. Di Adobe PageMaker ini tidak terdapat fitur untuk pembuatan table, namun anda bisa memanfaatkannya dengan aplikasi Adobe Table 3D yang biasanya disertakan ketika menginstall Adobe PageMaker. 2. Adobe PageMaker tidak dapat berfungsi dengan baik jika digunakan pada komputer dengan sistem intel-Mac dan windows vista. Dari informasi diatas sudah sangat jelas bahwa Adobe PageMaker ini sangat berguna untuk dunia percetakan seperti kartu nama dan sejenisnya. Walaupun terdapat kelemahan yang ada di Adobe PageMaker tapi kelebihan yang ada sudah sangat membantu proses pembuatan sebuah kartu nama dalam dunia percetakan.