WDI Wiki | WDI

404 Error | Not Found

404 Error | Not Found merupakan sebuah kode pada status HTTP atau pesan yang timbul akibat dari terjadinya kesalahan penulisan URL yang ditulis oleh pengunggah, atau URL halaman tersebut telah diubah oleh pengunggah sehingga halaman yang ingin Anda akses sudah tidak dapat tersedia atau justru dihapus. 

Angka yang muncul yaitu  404 memiliki arti tersendiri. Angka 4 di awal menandakan bahwa terjadi kesalahan pada client. Server memberikan respon bahwa terjadi kesalahan ketika pengunjung meminta akses, seperti tulisan URL yang salah atau alamat website yang tidak ditemukan. Angka 0 di tengah menandakan adanya kesalahan pada sintax umum/ syntax error. Hal ini juga terjadi ketika ada kesalahan dalam ejaan URL. Kemudian untuk angka 4 terakhir untuk menunjukan kelompok status kode HTTP 40x, seperti 400 Bad Request, 403 Forbidden, 408 Request Timeout, dan lain-lain.

404 Error Not Found juga biasa disebut sebagai broken link. Biasanya kesalahan umum yang membuat kode ini muncul adalah karena kesalahan penulisan URL. Ketika anda mendapatkan kode tersebut muncul di layar, anda bisa mengatasinya dengan cara memeriksa apakah file .htaccess berada di dalam root document/ public html Anda. Namun sebelumnya pastikan Anda telah mengaktifkan fitur show hidden files yang terdapat pada cpanel Anda.

Jika Anda merupakan pemilik website, maka periksalah daftar postingan yang telah Anda buat, kemudian lihat juga pengaturan mengenai URL Access. Sesuaikan URL yang terdapat pada pengaturan postingan Anda dengan URL Access yang Anda inginkan.

Jika masalah terjadi karena konten yang ingin Anda akses menghilang, Anda dapat membuat konten yang baru dan serupa dengan sebelumnya, atau Anda juga dapat mengalihkan ke halaman lain menggunakan fitur Redirect yang terdapat pada cpanel jika konten yang telah hilang tidak ingin Anda tampilkan lagi.

Setelah semua tahap sudah anda coba, dan website masih belum bisa dibuka atau mungkin hanya bisa diakses melalui ponsel dan tidak di komputer, anda bisa  mencoba membersihkan chache pada browser yang anda gunakan.



    Category :
  • Web